• dok anak saya umrnya 2 bulan  21 hari, sudah 2 hari ini 4 sampai 5 kali mencret disertai darah apa penyebabnya ya?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan buang air besar (BAB) berdarah pada bayi bukan merupakan hal yang lumrah terjadi. Umumnya warna tinja bayi kuning kecoklatan atau tergantung dari makanan yang dikonsumsinya. Jika terjadi keluhan BAB berdarah, maka orang tua harus mengobservasi keluhan – keluhan lain yang mungkin menyertai. Ada beberapa penyebab keluhan BAB berdarah pada bayi yaitu antara lain:

    1. Infeksi oleh karena bakteri ataupun mikroorganisme lainnya. Kuman penyebab BAB berdarah yang paling sering antara lain Shigella disentri dan amoeba. Kedua kuman ini menjadi penyebab penyakit disentri pada bayi hingga pasien dewasa. Keluhan BAB berdarah umumnya disertai dengan demam, muntah, bayi rewel dan lain sebagainya.
    2. Keadaan ini merupakan salah satu penyebab keluhan BAB berdarah yang berasal dari saluran cerna bagian bawah yang bisa terjadi pada anak usia 1 bulan hingga 1 tahun. Keluhan BAB berdarah yang muncul disertai rasa nyeri atau kram perut, bayi menangis rewel, hingga muntah – muntah.
    3. Bisa terjadi pada bayi yang baru diperkenalkan dengan jenis makanan tertentu oleh orang tuanya.
    4. Dan sebab lainnya

    Untuk memastikan silakan periksakan bayi anda ke dokter secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan ataupun pemeriksaan penunjang jika memang diperlukan sehingga dapat diketahui diagnosis penyakit secara tepat. Semakin cepat terdiagnosis dengan tepat maka akan semakin baik bagi kondisi bayi anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bayi Mencret Disertai Darah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.