• dokter aku mau tanya gimana cara mengatasi mual akibat gejala tipes ?

    Selamat pagi Miera, Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter online gratis di mediskus.com.

    Gejala penyakit tipes atau demam tifoid memang selalu ditandai dengan rasa mual bahkan bisa terjadi muntah, tidak nafsu makan dan mulut terasa pahit. Tentunya, gejala-gejala ini membuat pasien tidak nafsu makan atau bahkan tidak mau makan sama sekali.

    Padahal asupan yang cukup sangatlah penting guna mendukung penyembuhan yang lebih cepat. Oleh karena itu memang sangat penting bagi penderita penyakit tipes untuk mengatasi rasa mual tersebut, berikut beberapa tips yang dapat kami sampaikan untuk mengatasi mual akibat penyakit tipes.

    • Menggunakan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Ketika anda mengalami mual, sudah pasti dokter akan meresepkan obat untuk mengatasinya, obat-obatan yang digunakan sering dipakai juga untuk mengobati maag, seperti ranitidin untuk mengatasi mual secara langsung, antasida untuk mengatasi asam lambung yang meningkat, dan obat muntah yang berupa domperidon dan metoclopramid. Sesuai rekomendasi dokter, penggunaan obat tersebut bisa secara tunggal atau kombinasi.
    • Konsumsi makanan makanan yang mudah dicerna. nasi, telur, ikan dan daging tanpa lemak merupakan contoh-contoh makanan yang baik untuk penderita tipes, hindarilah makanan-makanan yang sulit dicerna seperti sayuran yang alot (kankung, genjel, buncis, dsb.).
    • Hindari makanan makanan penyebab kembung. Lebih lanjut baca di sini: Makanan Penyebab Kembung yang Harus dihindari.
    • Makanlah sedikit demi sedikit tapi sering, jangan makan sekaligus banyak.
    • Kurangi makanan berlemak tinggi.
    • Banyaklah mingum cairan agar tidak kekurangan cairan selama sakit (dehidrasi).

    Dengan demikian semoga gejala mual akibat tipes yang Anda alami dapat segera teratasi.

    Terimakasih.

Beranda Tanya Dokter Mengatasi Mual Akibat Gejala Tipes

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.