• apakah kram pada kaki bs karena efek samping dari pemasangan iud? saya baru pasang iud sekitar 1 bulan yang lalu, saya baru saja selesai mens pertama setelah pemasangan iud, tp kaki bagian paha sakit, kram seperti sakit diawal menstruasi,,, padahal awal mens tidak sakit knp justru sakitnya setelah mens?

    terimakasih.

    Selamat sore,

    Tidak, pemasangan IUD tidak menimbulkan efek samping berupa kram ataupun nyeri pada kaki, coba perhatikan mungkin ada penyebab-penyebab yang lain.

    Kram kaki bisa disebabkan oleh kelelahan, aliran darah yang tidak lancar, atau kekurangan vitamin vitamin tertentu misalnya vitamin b kompleks. Dianjurkan juga untuk rajin berolahraga.

    Adapun efek samping yang ditimbulkan oleh penggunaan IUD antara lain kram pada perut di bawah pusar, nyeri saat menstruasi, menstruasi yang memanjang dan pendarahan yang berat. lebih lanjut Silahkan baca efek samping penggunaan KB spiral

    Sekian jawaban dari kami, Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter online gratis di mediskus.com.

Beranda Tanya Dokter Efek Samping IUD Berupa Kram

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.