• Selamat malam dok, saya ada riwayat asma tapi tidak akut. Saat saya sesak nafas teman sya menyarankan minum salbutamol setelah makan. Saya ikuti sarannya ,  tapi bbrpa menit setelah menkonsumsi obat tersebut tangan dan kaki saya gemetar dan jantung berdebar.apakah normal? Apakah saya punya indikasi kelainan jantung?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Setiap obat yang dikonsumsi tentu memiliki fungsi masing – masing dan juga efek samping sehingga perlu diberikan secara tepat, termasuk juga salbutamol. Salbutamol merupakan obat bronkhodilator atau obat yang berperan untuk melebarkan bronkus (saluran napas) yang menyempit karena satu dan lain hal. Obat ini biasa digunakan pada kasus – kasus dimana saluran pernapasan mengalami penyempitan atau sumbatan misalnya pada asma, bronkhtis (infeksi pada bronkus), dan penyakit lainnya. Selain memiliki manfaat terapi, seperti hal nya obat – obat yang lain, salbutamol juga memiliki efek samping yang bisa muncul antara lain sebagai berikut: gemetaran (tremor) pada tangan dan kaki, palpitasi atau jantung yang berdebar-debar, nyeri kepala, kram pada otot, suara serak, kesulitan dalam bernafas, kesulitan dalam menelan, ruam-ruam pada kulit, dan lain sebagainya.

    Sebagai saran untuk anda ada baiknya anda tidak langsung mengkonsumsi suatu obat – obatan tanpa penentuan diagnosis yang pasti dari dokter. Perlu pemeriksaan secara mendalam oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna memastikan penyebab keluhan anda. Setelah diagnosis ditegakkan baru seorang dokter bisa menentukan terapi yang paling tepat bagi pasien. Hal ini penting dilakukan demi kepentingan dan kebaikan pasien serta menghindari diri dari hal – hal yang merugikan pasien itu sendiri.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Efek Samping Salbutamol

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.