• dok saya mau tanya udah hampir 3 tahun saya menggunakan iud tapi baru sekarang januari pertengahan saya menstruasi terus februari awal setelah berhubungan 2 hari setelahnya saya ngeflek hingga 10 hari belum juga selesai bahayakah atau memang efek sampibg iud terimakasih

    mohon balasannya

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Penggunaan IUD memang bisa meningkatkan resiko perdarahan atau menstruasi yang lama dan ataupun banyak. Selain itu juga bisa menyebabkan terjadinya perforasi atau luka pada uterus (rahim). Namun hal ini perlu dipastikan dengan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan ataupun pemeriksaan penunjang oleh dokter untuk memastikan letak IUD masih pada tempat yang seharusnya, kondisi rahim baik atau tidak dan lain sebagainya sehingga bisa ditentukan penyebab keluhan anda.

    Selain karena IUD atau KB spiral , sebenarnya penyebab menstruasi lama ataupun banyak masih ada beberapa penyebab lainnya yaitu antara lain:

    1. Adanya massa atau tumor dalam rahim
    2. Polip atau pertumbuhan jaringan non kanker yang bertangkai dalam rahim
    3. Akibat peradangan atau infeksi organ-organ reproduksi
    4. Penyakit darah misal anemia, trombositopenia dsb.
    5. Asupan nutrisi yang kurang misal pada wanita yang menjalani program diet yang ketat (vegetarian)
    6. Kegemukan juga bisa menyebabkan mens lama dan banyak
    7. Penyakit kelainan koagulasi atau pembekuan darah. Hal ini menyebabkan wanita yang menstruasi mengalami haid yang lama dan susah berhenti.
    8. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan silakan anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter khususnya dokter spesialis obstetri dan ginekologi (spOG).
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Efek Samping IUD: Menstruasi Terus

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.