• Dok say amau tanya…saya sudah pasang IUD selama 3 tahun sampe sekarang belum pernah kontrol ke dokter lagi karena saya merasa tidak ada keluhan…saya masih pengen punya anak lagi, ada yg bilang memakai IUD lebih dari 3 tahun bisa membuat rahim  lengket & tidak bisa punya anak lagi…apakah benar begitu dok? Trimakasih atas infonya.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Komplikasi dari penggunaan alat kontrasepsi IUD atau spiral yang bisa dialami oleh pemakainya memang ada beberapa. Namun jika dikatakan rahim akan menjadi lengket setelah pemasangan IUD sehingga membuat menjadi susah hamil maka pernyataan itu tidak bisa dibenarkan karena hanya menjadi mitos di kalangan masyarakat saja.

    Sebagai informasi, resiko yang mungkin akan dialami oleh pasien yang menggunakan kontrasepsi IUD antara lain sebagai berikut:

    • Gangguan menstruasi. Penggunaan IUD jenis copper bisa meningkatkan resiko perdarahan dan kram atau nyeri perut saat terjadi menstruasi. Namun penggunaan IUD jenis hormonal dapat mengurangi resiko perdarahan dan kram saat haid.
    • Satu dari 1000 orang yang mendapat kontrasepsi IUD, dapat mengalami perforasi atau luka pada uterus (rahim). Sehingga penggunaan IUD pada pasien ini harus dihentikan jika terjadi perlukaan pada uterus (rahim).
    • Sekitar 2 dari 10 hingga 100 orang pengguna kontrasepsi IUD dapat mengalami ekspulsi atau terlepasnya IUD dari uterus (rahim). IUD ini biasanya masuk ke vagina, dan biasa terjadi pada tahun pertama pemasangan IUD. Ekspulsi sering terjadi ketika IUD dipasang segera setelah kelahiran atau pada wanita yang tidak pernah mengalami kehamilan sebelumnya. Ketika IUD terlepas (ekspulsi), maka pasien tersebut tidak lagi mendapat perlindungan kontrasepsi.
    • Kerugian lain dari pemasangan IUD antara lain harga yang terbilang tinggi dibanding jenis kontrasepsi lainnya, tidak ada perlindungan terhadap infeksi menular seksual dan untuk menghentikannya harus dengan bantuan dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Efek Samping Pemasangan IUD

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.