• Sore dok.anak saya berumur 3 th.dua hari ini feses anak saya berwarna hijau dan berlendir,sesekali ada bercak darah itu kenapa ya dok?trimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Informasi yang anda sampaikan sebenarnya kurang lengkap, terkait berapa kali frekuensi BAB berwarna hijau, berlendir dan bercampur darah terjadi serta adakah keluhan lain yang menyertai seperti demam dan lain sebagainya. Jika keluhan buang air besar tersebut terjadi dengan frekuensi lebih dari 3 kali dalam 1 hari disertai perubahan konsistensi tinja menjadi lebih cair disebut juga dengan diare. Diare dengan warna feses kehijauan, berlendir dan kadang disertai darah biasanya terjadi akibat infeksi saluran cerna.

    Infeksi saluran cerna dengan karakteristik seperti yang anak anda alami bisa karena beberapa mikroorganisme antara lain bakteri ataupun amoeba atau malah karena sebab lainnya. Penyakit ini umumnya memiliki keluhan berupa diare, warna tinja bisa berubah menjadi kehijauan, berlendir, anak biasanya mengalami demam, dan lain sebagainya. Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya bawa anak anda agar bisa diperiksa secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna menegakkan diagnosis penyakit yang dialami. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan, jika memang karena bakteri maka perlu antibiotik yang sesuai namun jika karena amoeba maka perlu antiamoeba. Jika memang anak anda mengalami diare, selain obat – obatan maka yang penting diperhatikan adalah asupan cairan yang dikonsumsi untuk mengganti cairan yang keluar. Hal ini penting agar anak tidak mengalami dehidrasi akibat BAB berulang.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Feses Anak Warna Hijau

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.