• Dok sya ingin tanya. Saya susah BAB, beberapa hari yg lalu saya BAB tapi feses nya hitam. Kemarin saya BAB feses juga masih hitam. Saat saya browsing google, penyebab nya bisa dari mengkonsumsi zat besi yg terlalu banyak. Sedangkan saya satu minggu ini sedang rutin minum tablet pebambah darah. Mohon penjelasan nya dok,

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Feses atau tinja yang berwarna kehitaman bisa disebabkan oleh beberapa hal mulai dari adanya darah pada feses atau karena sebab lainnya. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan tersebut:

    • Buang air besar berwarna kehitaman bisa disebabkan karena adanya gangguan di gaster (lambung) seperti gastritis erosif. Warna hitam pada feses terjadi karena darah yang telah bercampur dengan asam lambung. Gastritis erosif merupakan perlukaan pada lambung yang bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain karena konsumsi obat penghilang nyeri jangka panjang.
    • Konsumsi suplemen zat besi atau konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi misalnya bayam dan lainnya.
    • Efek obat – obatan tertentu.
    • Penyebab lainnya

    Jika saat ini anda sedang mengkonsumsi suplemen zat besi maka kemungkinan besar hal itu adalah penyebabnya. Namun memang harus dipastikan lagi dengan pemeriksaan fisk dan penunjang secara langsung oleh dokter.

    Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskan untuk tujuan apa anda meminum suplemen tersebut sehingga saya tidak bisa menjelaskan secara lebih detail langkah apa yang harus dilakukan oleh anda untuk mengatasi keluhan tersebut. Ada baiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang menangani anda.

    Silakan baca link berikut yang mungkin terkait dengan keluhan anda:

    Melena : Feses Berwarna Hitam

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Saya mengkonsumsi tablet tambah darah karna tekanan darah saya sempat rendah, dan diberi tablet tambah darah oleh bidan.

Beranda Tanya Dokter Feses Hitam

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.