• Dok,

    pasca kecelakaan saya pada tgl 29 Agustus dengan Fraktur Avulsi Eminentia Intercondylaris Tibia.

     

    setelah itu di gips selama 3 bulan.

    pada tgl 12 Desember sudah lepas gips.

     

    tapi yang saya alami lutut belum dapat menekuk sempurna dan agak sedikit nyeri ketika kaki dipijakkan.

    Bagaimana solusinya ya ?

     

    Fisioterapi seperti apa yang dianjurkan ?

     

    Bagaimana cara mengatasi paha yang nampak mengecil setelah lepas gips ?

     

    Terima kasih.

    Selamat pagi,

    Gips yang dipasang karena untuk mempertahankan posisi pada terapi patah tulang memiliki beberapa konsekuensi atau efek samping di kemudian hari, diantara yang utama berupa mengecilnya otot-otot tungkai dan kaki akibat tidak bergerak selama kurun waktu berbulan-bulan.

    Di samping itu, sendi-sendi tulang juga terasa kaku dan akan sulit atau bahkan sakit saat digerakkan seperti untuk menekuk atau gerakan-gerakan normal lainnya.

    Oleh sebab itu, setiap kasus patah tulang yang sudah menyambung, maka dilanjutkan dengan terapi rehabilitasi dengan tujuan mengembalikan fungsi tubuh yang normal seperti sediakala. Salah satu upayanya adalah fisioterapi.

    Fisioterapi sudah pasti akan dianjurkan oleh dokter untuk Anda, dan biasanya dokter bedah tulang akan merujuk Anda ke tempat yang semestinya bisa dalam satu rumah sakit atau di tempat lain yang menurut beliau tepat untuk kondisi Anda.

    Pada fisioterapi otot-otot yang mengecil akan dilatih untuk bergerak agar kembali normal begitupula dengan sendi-sendi yang kaku. Dokter rehabilitasi medik akan memeriksa kondisi Anda dan menentukan jenis fisioterapi yang pas untuk Anda. Pastikan untuk mengikuti setiap sesi yang dijadwalkan.

    Sekian, semoga membantu dan lekas pulih.

Beranda Tanya Dokter Fisioterapi Pasca Lepas Gips pada Lutut

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.