• Dok, saya hamil 3 bulan. Kalau siang hari suka ada flek coklat, tapi kalau malam mah gak ada.. Itu berlangsung baru 2 hari ini. Tapi keluarnya cuma sedikit sih.. Itu kenapa ya, Dok..?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Timbulnya flek atau bercak – bercak perdarahan saat hamil muda atau di trimester awal memang kerap kali menjadi masalah yang dikeluhkan para ibu hamil. Hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran yang luar biasa. Namun sebenarnya jangan terlalu panik menghadapi keluhan ini karena tidak semua penyebab keluhan ini adalah karena hal yang membahayakan. Perlu dibedakan apakah flek yang terjadi di awal kehamilan karena hal yang normal atau bukan.

    Ada beberapa penyebab keluhan timbulnya perdarahan atau flek di usia kehamilan muda, yang paling sering adalah karena proses melekatnya sel telur yang telah dibuahi di dinding rahim. Perdarahan yang muncul hanya ringan saja artinya tidak terlalu banyak dan umumnya hanya berlangsung dalam beberapa jam atau hari saja. Ada juga hal lain yang menyebabkan keluhan ini antara lain pasca coitus (hubungan intim), akibat infeksi di organ reproduksi, perubahan hormonal bu hamil ataupun bisa juga karena kehamilan ektopik (hamil di luar kandungan) dan juga abortus (keguguran).

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan anda melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Terapi yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Saya memang belum sempat ke dokter, tapi pas keluar flek itu saya periksa ke bidan terus dikasih obat.

    Tapi alhamdulillah setelah 2’hari keluar flek dihari ke-3 nya tidak ada.

    <span style=”line-height: 1.5;”>Sebenarnya flek yg normal itu adanya sekitar berapa hari sih, Dok.? </span>

    Yang saya khawatirkan flek itu datang lagi. Seperti kejadian sama teman saya selang beberapa hari fleknya ada lagi dan ternyata rahimnya kosong.

    Kalau saya sih sebelum flek datang, sebelumnya sudah USG dan alhamdulillah si bayi ada dan sudah bergerak.

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Flek Saat Hamil 3 Bulan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.