• Selamat pagi dok,

    saya wanita usia 28 th. Sudah menikah dgn 1 anak. Kebetulan saya pasien KB suntik 3 bulan. Saat ini sudah 3x suntik. Sejak beberapa minggu lalu tepatnya setelah suntikan ke-3, setiap saya berhubungan dengan suami dan penetrasi di dalam, di pagi harinya muncul bercak darah saat kencing berupa lendir merah (sedikit). Dan sedikit nyeri di panggul. Tetapi kalau penetrasi di luar, hal itu tidak terjadi. 2 suntikan yang awal, saya mendapat haid 1x dalam durasi 3 bulan itu. Panjang haid sekitar 3-4 hari. Dan tidak mengeluarkan flek. Kenapa setelah suntikan ketiga efek sampingnya berbeda? Terima kasih atas penjelasannya dok.

    Selamat pagi terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter gratis di mediskus.com

    KB suntik merupakan salah satu jenis KB hormonal yang cara kerjanya memanipulasi hormon di dalam tubuh wanita sehingga tidak terjadi ovulasi. Dengan demikian maka tidak ada sel telur yang bisa dibuahi.

    Namun cara kerja KB yang seperti ini akan memiliki banyak efek samping, yang paling sering adalah gangguan menstruasi. Jadi jangan heran ketika anda menggunakan KB suntik lalu menstruasi menjadi kacau.

    Keluarnya flek bisa saja terjadi karena memang proses menstruasi atau pengaruh dari penggunaan KB suntik, flek bisa saja keluar secara spontan atau ada sedikit yang tertinggal di dalam saluran reproduksi wanita. Saat wanita berhubungan dengan suaminya maka bisa darah yang masih menyangkut itu menjadi keluar berupa lendir-lendir pendarahan. Jika kondisinya demikian, maka tak perlu khawatir.

    Namun perlu diketahui juga bahwa keluarnya flek atau darah setelah berhubungan bisa saja terjadi akibat adanya lecet atau perlukaan pada mulut rahim. Untuk membedakan kedua kondisi tersebut maka setiap wanita memang dianjurkan untuk periksa pap smear secara rutin. Lebih lanjut Silahkan baca: Cegah Kanker Serviks dg Pap Smear

    Sekian, semoga bisa membantu.

Beranda Tanya Dokter Flek Setelah Berhubungan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.