• Dok umur sya 18thn,, saya ingusan batuk dan sakit kepala, sudah 3 hari saya sakit, 2 hari di awal ingus saya kuning, yg hari ke 3 warnanya kuning di sertai darah
    gimana itu dok ?

    Selamat pagi John, Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter online gratis di mediskus.com

    Ingus yang disertai dengan darah terjadi akibat iritasi yang berlebihan pada rongga hidung yang dilalui ingus tersebut, keluarnya darah berarti ada pembuluh darah yang robek pada daerah tersebut.

    Hal ini dapat terjadi antara lain oleh kondisi sebagai berikut:

    • Flu biasa, Namun apabila anda sering Membuang ingus terlalu kuat atau sering berada dalam lingkungan dengan udara yang panas dan juga kurang minum cairan, maka akan memperparah iritasi rongga hidung dan mempermudah keluarnya darah bersama dengan ingus.
    • Adanya infeksi sekunder, ketika flu biasa menjadi memburuk karena adanya keterlibatan bakteri yang menyebabkan infeksi di sekitar rongga hidung ataupun rongga sinus (sinusitis). Hal ini ditandai dengan demam yang masih saja tinggi, sakit kepala dan juga sakit di sekitar hidung di dalam tulang tulang wajah sekitar hidung. Ingus yang keluar biasanya kental dan sesekali bisa disertai dengan darah yang berwarna merah ataupun merah kecoklatan.

    Dengan demikian, sebagai kesimpulan apabila anda mengalami ingus yang berdarah namun hanya sedikit, sedangkan sudah tidak ada demam ataupun sakit kepala, maka hal itu akibat flu biasa, cukup lakukan istirahat yang baik, Banyak minum cairan dan hindari membuang ingus dengan kuat-kuat, Buanglah ingus secara perlahan satu sisi setiap hembusan dengan menutup hidung sebelahnya.

    Namun apabila darah yang keluar cukup banyak dan Anda masih mengalami demam yang tinggi, serta rasa sakit yang tak tertahankan di sekitar hidung dan kepala bagian depan, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dengan seksama untuk melihat apakah ada tanda-tanda infeksi sekunder yang menyertai gejala flu. Jika memang ada infeksi sekunder, maka dokter akan meresepkan antibiotik yang sesuai. Pastikan anda menghabiskan setiap antibiotik yang diberikan agar infeksi dapat sembuh dengan tuntas.

    Tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi antibiotik tanpa anjuran dari dokter, karena hal ini akan menimbulkan kekebalan kuman di kemudian hari.

    Cukup sekian jawaban yang dapat kami sampaikan semoga membantu.

Beranda Tanya Dokter Flu dengan Ingus Berdarah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.