• Selamat malam…

    Saya mengalami flu 6 hari yang lalu. Hari 1-2 seperti biasa… bersin2 namun belum sampai demam atau pusing . Hari ke 3 kepala mulai pusing…namun sudah tidak bersin2 sperti hari sebelumnya… saya masih beraktifitas seperti biasa…dari pagi sampai siang. Namun..sekitar jam 12siang badan terasa tidak nyaman dan agak demam dan sya mulai istirahat. Jm 15 demamnya semakin tinggi…disertai pegal2 di ruas2 badan. sya sudah minum obat penurun panas dan obat flu. Akhirnya demamnya sudah turun… hari ke 4 kadang kepala terasa pusing…sudah tidak bersin2 lagi… namun kadang keluar dahak….namun tidak sering. Namun dibadan masih terasa kurang fit. Hari ke 5 sejak bangun tidur kepala bagian kanan terasa pusing….sampai ke alis.. dan disertai keluar ingis dari jidung sebelah kanan yang bercampur darah.Paginya ingusnya berwarna kecoklatan….semakin siang semakin merah dan lebih encer tidak seperti ingus biasanya…. namun dahaknya tidak berdarah… Tapi sejak sore dahaknya mulai berdarah. Saya tidak batuk sama sekali. Untuk hidung yang sebelah kiri dan kepala sebelah kiri tidak ada masalah sama sekali. Sampai hari ini masih pusing. Dan ketika rasa pusingnya bertambah ingus yang keluar darahnya semakin terlihat.Namun saya masih tetap beraktifitas ringan seperti biasa….Mohon solusinya.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi online gratis di mediskus.com.

    Keluhan demam, pilek, sakit kepala dan gejala flu lainnya umumnya terjadi akibat infeksi saluran napas bagian atas, dimana gangguan yang muncul bisa terjadi di hidung, rongga sinus, ataupun di tenggorokan. Infeksi bisa karena virus, bakteri, jamur dan lain sebagainya. Namun sebenarnya perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang terlebih dahulu untuk memastikan organ yang terserang serta jenis infeksi yang menjadi penyebab. Hal ini penting untuk memastikan tindakan pengobatan yang harus diberikan dokter kepada anda.

    Jika penyebab infeksi karena virus maka sebenarnya cukup diberikan obat – obat simptomatik seperti anti histamin (contohnya cetirizin dll) untuk mengurangi peradangan dan flu yang muncul, pemberian obat anti piretik atau penurun panas  seperti paracetamol. Namun jika penyebabnya karena bakteri maka perlu diberikan antibiotik yang sesuai dengan kuman penyebab. Begitu pun jika karena mikroorganisme lainnya.

    Perlu dipastikan pula apakah infeksi yang terjadi pada anda mengenai rongga sinus atau tidak. Jika infeksi juga terjadi pada rongga sinus (sinusitis) maka perlu dilakukan pemeriksaan rontgen juga untuk memastikan seberapa banyak sekret yang terperangkap dalam rongga sinus. Jika sekret sedikit biasanya cukup dengan obat – obatan. Namun jika sekret memenuhi rongga sinus, maka bisa dipertimbangkan untuk dilakukan tindakan operatif yang ditentukan berdasarkan hasil pemeriksaan fisik terhadap anda. Oleh karena itu silakan konsultasi secara langsung dengan dokter di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

    Terimakasih infonya dok. Kalau saya berobat langkah pertama ke dokter sepesialis apa atau cukup dokter umum dok? Karena daerah yang paling terasa pusing bagian pelipis kanan saja dok….

Beranda Tanya Dokter Flu, Ingus dan Dahak Berdarah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.