• Selamat malam dok

    saya ayu 21 tahun, saya mengalami gangguan haid dok

    bulan kemarin saya tidak haid dikarnakan ada gangguan di saat saya kencing itu terasa sakit dan sering kencingnya

    dan bulan ini seharusnya di tanggal 25 ke atas saya datang bulan tapi ini belum dok saya sudah minum obat perlancar haid tapi haid saya tidak kunjung datang

    saya takut terjadi apa2 dok makanya saya tidak berani ke rumah sakit adakah saran dari dokter agar haid saya lancar kembali

    terimakasih

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gangguan haid berupa haid yang terlambat seringkali dialami oleh beberapa wanita. Sebenarnya penyebab telat haid bisa hanya karena masalah ringan namun juga memang bisa disebabkan karena masalah lain yang lebih serius. Terlambat haid yang berlangsung tiga bulan atau lebih bisa dinamakan amenorea. Namun pada kasus anda tampaknya keluhan terlambat haid berlangsung kurang dari tiga bulan.

    Secara umum penyebab terlambat haid bisa akibat banyak hal, misalnya saja:

    1. Wanita yang sudah berhubungan seksual memiliki kemungkinan terlambat haid diakibatkan oleh faktor kehamilan. Terutama jika hubungan seksual dilakukan pada masa usia subur yaitu saat terjadi ovulasi.
    2. Faktor aktivitas yang berlebih. Kelelahan akibat aktivitas yang berlebihan juga dapat menyebabkan terlambatnya haid pada wanita.
    3. Nutrisi yang kurang. Asupan makanan yang kurang, misal pada wanita yang sedang menjalani diet yang kurang tepat bisa menyebabkan gangguan siklus haid berupa terlambatnya haid.
    4. Faktor stress psikis bisa juga mempengaruhi terlambatnya haid.
    5. Akibat penyakit – penyakit tertentu misal infeksi pada organ reproduksi. Umumnya disertai keluhan lain misal nyeri perut atau nyeri panggul, kadang bisa juga menyebabkan demam, nyeri saat berhubungan seksual ataupun gejala lainnya.
    6. Penyakit lain misal adanya kista atau tumor di organ reproduksi juga bisa menyebabkan masalah gangguan haid, mulai dari haid terlambat atau justru haid yang terlalu cepat dan sangat banyak.
    7. Dan masih banyak lagi

    Saran saya sebaiknya anda jangan terlalu khawatir terlebih dahulu, perhatikan asupan makanan anda, istirahat yang cukup, serta rilekskan pikiran anda. Observasi selama beberapa minggu. Jika keluhan terlambat haid berlangsung lebih lama hingga 3 bulan atau lebih silakan segera periksakan ke dokter SpOG.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Ganguan Haid

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.