• Selamat siang,

    Saya baru saja operasi amandel tanggal 3 September 2016. Semuanya berjalan lancar dan recovery yang saya jalani juga cukup baik. Luka di leher rasanya sudah hampir tidak terasa perih, yang saya rasakan hanya susah menelan, kadang-kadang sakit di telinga dan semacamnya.

    Kira-kira hampir seminggu setelah operasi, saya coba makan makanan lain selain bubur. Saya coba makan ati ampela dengan terlebih dahulu dipotong sangat kecil dan dihancurkan sehingga mudah ditelan.

    Awalnya tidak terjadi apa-apa. Kemudian setelah beberapa sendok, saya merasa seperti sesuatu nyangkut ditenggorokan. Rasanya padat, bervolume, dan stucked di tengah-tengah tenggorokan.

    Saya coba sekuat tenaga untuk menurunkan sesuatu yang sy yakini sebagai makanan itu, menggunakan air minum, saya coba muntahkan, juga tidak bisa.

    Bersamaan dengan itu, saya tiba-tiba merasa perih di bagian pangkal lidah sebelah kanan. Sebelumnya saya tidak pernah merasa perih luka tersebut.

    Sampai sekarang, “benda” tersebut masih terasa nyangkut di tenggorokan saya dan luka perihnya juga masih terasa. Saya jadi tidak yakin “benda” tersebut adalah makanan yang nyangkut.

    Yang ingin saya tanyakan:

    1. Apakah yang saya rasakan ini?

    2. Apakah normal setelah operasi mengalami hal ini?

    3. Bagaimana saya mengatasinya. Karena sudah sangat mengganggu. Saya terkadang merasa tersedak

     

    Terimakasih atas jawabannya

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Amandel atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai tonsil adalah salah satu organ yang berperan dalam sistem imunitas tubuh. Pada saat terjadi infeksi, amandel ini akan membesar sebagai tanda peringatan pada tubuh akan adanya benda asing yang masuk dalam tubuh. Infeksi pada tonsil disebut sebagai tonsilitis. Tonsilitis yang berlangsung dalam jangka lama dan sering berulang bahkan menimbulkan gangguan tidur dan bernapas merupakan salah satu indikasi untuk dilakukan tindakan pembedahan tonsilektomi. Tindakan ini bertujuan untuk mengangkat tonsil yang membesar dan mengganggu pernapasan.

    Ada beberapa keluhan yang sering dikeluhkan pasien pasca operasi tonnsilektomi yaitu berupa rasa mengganjal sewaktu menelan. Hal ini seringkali terkait dengan proses penyembuhan pasca operasi itu sendiri yaitu akibat adanya jaringan penyembuhan luka pasca operasi . Waktu yang dibutuhkan untuk penyembuhan luka setelah operasi berbeda pada setiap orang. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya misalnya ada tidaknya infeksi, aliran darah  menuju daerah luka, nutrisi yang diperoleh, hingga riwayat penyakit yang diderita oleh pasien yang mempengaruhi penyembuhan luka misalnya kencing manis (diabetes) dan sebagainya. Pada umumnya waktu yang dibutuhkan untuk penyembuhan luka operasi berkisar antara 6 minggu.

    Pada saat ini adalah hari ke 11 pasca operasi yang anda alami, maka tak heran jika keluhan masih sering muncul karena proses penyembuhan yang masih berlangsung. Oleh karena itu ada baiknya anda memakan makanan yang lunak terlebih dahulu, atau usahakan untuk mengunyah makanan dengan baik sehingga lebih mudah ditelan. Rasa nyeri yang anda alami kemungkinan terjadi karena luka muncul di daerah tersebut akibat anda menelan makanan yang cukup padat pada luka bekas operasi yang belum sembuh sempurna. Bila keluhan tidak kunjung membaik, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kembali dengan dokter spesialis THT yang menangani operasi anda.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Ganjalan atau Sesuatu Nyangkut di Tenggorokan Pasca Operasi Amandel

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.