• Selamat sore Dokter,

    Sy baru 6 minggu oprtasi amandel tapi masih terasa ada ganjalan di tenggorokan kiri dan terasa kering, tapi makan minum tdk terasa sakit. Kata dokter tht ini iritasi akibat asam lambung dan sy di olesi obat di tenggorokan dan di kasih Lanzoprazole30. Padahal sy tdk merasa sakit maag atau perih di lambung. Sebelum operasi, dokter tht melakukan endoskopi ternyata radang sy di debabkan adam lambung. Radang sy sdh setahun lebih tdk hilang . Trm ksh Dokter

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf, apa yang menjadi pertanyaan anda dalam forum konsultasi ini?

    Sebagai informasi untuk anda, amandel atau disebut juga sebagai tonsil merupakan salah satu organ yang berperan dalam mekanisme pertahanan tubuh. Amandel bisa membesar (bengkak) jika terjadi infeksi. Keluhan yang dirasakan saat amandel mengalami infeksi (tonsilitis) berupa rasa nyeri menelan yang kadang disertai demam, batuk pilek dan lain sebagainya. Jika amandel yang membesar hingga menutup saluran pernapasan dan membuat gangguan bernapas seperti misalnya tidur pasien menjadi mendengkur dan lain sebagainya maka hal ini menjadi indikasi untuk dilakukan operasi tonsilektomi (pengangkatan amandel).

    Pasca operasi pengangkatan amandel, perlu waktu penyembuhan yang berlangsung beberapa hari hingga minggu. Waktu penyembuhan ini bervariasi pada tiap individu yang mengalami tonsilektomi tergantung beberapa hal antara lain daya tahan tubuh pasien, ada tidaknya infeksi pada luka bekas operasi, asupan nutrisi yang diperoleh pasien, penyakit yang dialami pasien sebelumnya seperti kencing manis dan lain sebagainya. Rata –rata penyembuhan pasca operasi membutuhkan waktu selama 6 minggu. Ada beberapa keluhan yang sering disebutkan pasien pasca operasi pengangkatan tonsil yaitu berupa rasa mengganjal di tenggorokan. Hal ini bisa diakibatkan jaringan penyembuhan pada luka bekas operasi. Namun jika keluhan sangat mengganggu dan berlangsung lama ada baiknya anda melakukan pemeriksaan kembali ke dokter yang menangani anda selama ini untuk memastikan kemungkinan penyebab.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Ganjelan di Tenggorokan Pasca Operasi Amandel

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.