• Maaf dok mau tanya. Sekitar 2-3 bulan lalu saya gatal di kelamin dan daerah kelamin sampai kurang lebih 2 minggu. Saya garuk terus karna rasa gatal yang tidak tertahankan lagi. Tapi pas digaruk itu rasanya nikmat dok. Saya terus garuk dan ada bentol di bagian telur(maaf). Bentolnya seperti kena ulat bulu. Masih gatal saya garuk terus dan akhirnya ada 3 bentolan di tempat itu kemudian gatal di batangnya saya garuk dan akhirnya bentolan yg sama muncul tetapi lebih kecil. Ada sekitar 5 lebih dok malah di paha juga terasa gatal. Kemudian saya ke dokter katanya infeksi jamur. Kemudian dikasih obat. Tapi masih gatal juga. Akhirnya saya berendam air panas ciater subang dok. Pas berendam semakin lama berendam semakin terasa gatal di bagian badan tangan paha dan derab kelamin. Setelah besoknya muncul bentol kecil2 ada banyak di satu bagian paha kanan dan kiri. Sedikit menjijikan dok melihatnya. Tapi lama kelamaan yg dipaha mulai kering dan kelupas. Tetapi masih gatal dan agak merah terutama di biji saya dok masih gatal. Di batang juga sedikit gatal. Malah di perut juga gatal dok cuma udaj gak terlalu gatal. Mohon jawabannya dok saya sangat butuh. Terimakasih.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab gatal pada daerah kemaluan sebenarnya ada beberapa penyebab, antara lain:

    1. Infeksi, terutama yang tersering adalah akibat infeksi jamur maupun parasit.
    2. Neurodermatitis
    3. Urtikaria
    4. Dermatitis alergi ataupun iritasi akibat bahan – bahan tertentu
    5. Dan lain sebagainya.

    Daerah kelamin memang bagian yang sangat sensitif, apalagi area tersebut biasanya memiliki tingkat kelembaban tinggi akibat selalu tertutup pakaian berlapis dan mudah berkeringat. Pengobatan tergantung dari penyebabnya. Jika memang benar penyebabnya karena infeksi jamur maka perlu obat anti jamur untuk mengatasinya, sehingga keluhan dapat diobati hingga tuntas. Namun selain itu, anda juga perlu melakukan hal – hal berikut agar keluhan tidak muncul lagi:

    • Jangan menggaruk daerah selangkangan. Bercak kehitaman pada selangkangan terjadi akibat garukan yang dilakukan terus menerus. Periode garukan dan keluhan seperti lingkaran yang tidak terputus. Jadi semakin anda menggaruk maka semakin luas keluhan sehingga tidak akan sembuh – sembuh dan terus berulang.
    • Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat karena menyebabkan gesekan di daerah selangkangan dan meningkatkan rasa gatal.
    • Sering ganti pakaian dan pakaian dalam yang lembab. Daerah selangkangan yang terlalu lembab akibat keringat dan lain sebagainya akan meningkatkan rasa gatal.
    • Basuh daerah kemaluan dan selangkangan dengan air bersih sehabis dari toilet. Kebersihan yang tidak terjaga di daerah tersebut akan meningkatkan rasa gatal dan meningkatkan resiko terjadinya infeksi jamur.

    Jika keluhan terus berlanjut maka sebaiknya anda memeriksakan ulang ke dokter untuk mendapat terapi lanjutan serta pastikan untuk mengikuti anjuran di atas.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gatal di Bagian Kelamin dan Daerah Kelamin

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.