• Malam dok, saya mau konsultasi, selangkangan saya gatal gatal, ini sudah yang kedua kalinya, ruamnya mirip dengan herpes, menggerombol bentol bentol, merah, selama ini saya berikan obat scabimate untuk meredakan rasa gatalnya, dan saya rajin mencuci kemaluan saya, saya takut itu herpes dok, atau mungkin penyakit IMS, waktu saya periksa pada yang pertama kalinya, dokter bilang itu hanya alergi obat atau vitamin, tapi ini muncul lagi dok. Mohon solusinya. Terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Seperti yang sudah anda duga sebelumnya, keluhan gatal pada selangkangan memang banyak kemungkinan penyebabnya. Perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu agar dapat diketahui penyebab keluhan tersebut, mengingat gambaran klinis antara satu penyakit kulit dengan penyakit kulit lainnya yang memang memiliki kemiripan keluhan dan gejala klinis. Apalagi daerah ini merupakan daerah yang cukup sensitif karena letaknya yang tertutup, berlipat – lipat dan lembab. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan gatal pada selangkangan yaitu antara lain:

    1. Infeksi parasit seperti skabies, pediculosis dan lain sebagainya bisa menyebabkan keluhan gatal pada selangkangan disertai keluhan ruam kemerahan dan lain sebagainya.
    2. Infeksi jamur, misalnya akibat tinea ataupun candidiasis sering sekali menimbulkan keluhan gatal pada daerah – daerah tertentu terutama pada daerah yang lembab dan tertutup seperti selangkangan.
    3. Dermatitis alergi juga bisa menyebabkan keluhan gatal pada selangkangan. Biasanya ada faktor pencetus yang menyebabkan keluhan ini seperti celana dalam dengan bahan yang menimbulkan alergi, renda atau pinggiran celana dalam, jeans yang menempel ke kulit dan lain sebagainya.
    4. Penyebab lainnya

    Pastikan dulu penyebab keluhan tersebut dengan dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang, baru kita bicara bagaimana mengatasinya. Oleh karena itu silakan konsultasi kembali secara langsung dengan dokter di daerah anda sehingga dapat dilakukan pemeriksaan secara lebih detail. Pengobatan pada masing – masing penyebab di atas sangat berbeda, sehingga tak bisa hanya menduga – duga saja.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gatal di Selangkangan seperti Herpes

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.