• malam dok. saya ada gatal diselangkangan awal nya saya curiga penyebabnya adalah pembalut yang saya beli diwarung yg 500 rupiahan dok. selangkangan saya jadi gatal dan hampir seperti eksim. karna saya pikir alergi saya minum cetirizin dan salep nya betamethasone . tapi kenyataannya ga ada perubahan karna sudah menjadi lecet dan luka saya kasih lah gentamycin salep dok sudah habis 2 tube masih ga hilang malah tambah gatel dok. akhirnya saya rendam dengan air pk dan salep pi khang shuang . tapi masih belum ada perubahan dok sudah hampir satu bulan dok. bagaimana ya dok selanjutnya? kalau pake dexphanthenol/momethasone ada kemungkinan sembuh ga dok ? atau pakai obat lain dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Daerah selangkangan termasuk salah satu bagian tubuh yang sensitif karena letaknya yang berdekatan dengan area genital (kemaluan) dan umumnya tertutup oleh berlapis – lapis pakaian sehingga mudah sekali berkeringat dan lembab. Hal ini seringkali membuat keluhan rasa gatal yang berlebihan dan membuat individu tersebut senang menggaruknya sehingga memperluas lesi dan memperparah keluhan.

    Sebagai informasi untuk anda, keluhan gatal pada selangkangan sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain sebagai berikut:

    1. Dermatitis kontak alergi maupun dermatitis kontak iritan. Keluhan dermatitis umumnya disertai rasa gatal akibat bahan alergi ataupun bahan iritan tertentu, misalnya celana jeans, pakaian dalam berenda, hingga pembalut.
    2. Infeksi akibat jamur, misalnya candida albicans, dermatofita, dan lain sebagainya.
    3. Infeksi akibat parasit juga bisa menimbulkan rasa gatal di area kemaluan hingga selangkangan.
    4. Akibat faktor keringat berlebihan. Hal ini juga sering menyebabkan rasa gatal meskipun tanpa disertai infeksi akibat jamur maupun mikroorganisme lainnya.
    5. Faktor stress juga dapat meningkatkan rasa gatal di bagian tubuh tertentu, misalnya daerah selangkangan.
    6. Dan lain sebagainya.

    Tatalaksana yang diberikan umumnya tergantung penyebabnya. Jika akibat alergi ataupun iritasi oleh karena pembalut maka dapat diberikan obat kortikosteroid seperti bethametason, momethason, dan lain sebagainya. Namun jika penyebabnya karena jamur maka pemberian krim kortikosteroid seperti yang anda gunakan malah akan memperberat keluhan, jamur akan berkembang semakin subur dan keluhan akan semakin meluas.

    Oleh karena itu sebaiknya anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda sehingga bisa memperoleh terapi yang tepat. Namun selain obat – obatan yang tepat, ada beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk menghindari keluhan berulang ataupun bertambah berat antara lain:

    1. Hindari aktivitas yang membuat keringat berlebih.
    2. Jika anda sering berkeringat, maka harus sering mengganti pakaian dalam dan pakaian lainnya sehingga area selangkangan selalu kering dan bersih.
    3. Hindari pakaian yang terlalu ketat karena akan meningkatkan keringat dan menambah gesekan di area selangkangan yang membuat rasa gatal meningkat.
    4. Basuh area kemaluan dan selangkangan dengan air bersih ketika BAB ataupun BAK , lalu keringkan daerah tersebut agar tidak lembab.
    5. Hindari garukan. Menggaruk malah akan memperluas keluhan dan memperberat lesi tersebut.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gatal di Selangkangan Karena Pembalut?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.