• Saya awalnya kedinginan karena memang lagi Muslim dingin di Belanda, dan kehujanan gerimis,malamnya saya demambadan ngilu semua,saya minum paracetamol, setelah 2hari ngilu nya sembuh tetapi sekarang tenggorokan saya gatal jika tiduran Dan batuk batuk rasa ya perish hingga susah tidur. Biasa nya kalau di Indonesia pasti minum cefat 500gram, 3xsehari selama 3 -5 hari, di Belanda susah tidak bisa beli sembarangan,mohon sarannya dok, terima kasih

    selamat sore terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter online gratis di mediskus.com

    kondisi yang demikian itu bisa jadi merupakan faringitis atau radang tenggorokan, kondisi ini paling sering disebabkan oleh virus dan terkadang bisa juga disebabkan oleh bakteri walaupun lebih jarang.

    faringitis yang disebabkan oleh virus biasanya diawali dengan demam 1-3 hari, pada saat demam atau setelah demam baru disertai dengan nyeri pada tenggorokan, kemudian dilanjutkan dengan tenggorokan berlendir dan gatal sehingga muncul gejala batuk batuk.

    Sedangkan faringitis yang disebabkan oleh bakteri biasanya diawali dengan nyeri tenggorokan terlebih dahulu baru kemudian muncul demam, demam yang terjadi bersifat naik turun dan bertahan lebih lama.

    Jadi sekarang Coba diamati Apakah demam masih tetap tinggi atau masih naik turun dan anda merasa meriang? jika Iya maka sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter, karena apabila itu disebabkan oleh bakteri maka anda perlu minum antibiotik misalnya dengan sefat Seperti yang anda sebutkan di atas. dan memang penggunaan antibiotik harus berdasarkan rekomendasi dokter.

    Namun jika saat ini demam sudah tidak ada, dan anda hanya merasakan gatal tenggorokan dan batuk, kemungkinan besar penyebabnya adalah virus dan anda hanya perlu untuk istirahat, banyak minum cairan, menghindari makanan yang digoreng seperti kerupuk, minuman berkafein seperti kopi dan sebagainya. Butuh waktu sekitar satu minggu untuk dapat sembuh dari faringitis yang disebabkan oleh virus.

    Adapun tenggorokan yang terasa lebih gatal ketika berbaring, terjadi akibat menumpuknya lendir lendir pada tenggorokan, Hal ini tentu saja terkait dengan gaya gravitasi bumi. sebab itu dianjurkan untuk meninggikan posisi kepala saat tidur sedemikian rupa sehingga kepala lebih tinggi dari dada.

    Sekian jawaban yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Beranda Tanya Dokter Gatal Tenggorokan Akibat Radang

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.