• Dokter saya punya penyakit gatal2 hampir 20thn sampai sekarang.saya punya kulit tipis jadi mudah luka.setiap hari saya bangun pagi pasti ada bekas luka akibat gatal.apa obatnya dokter….?

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Ada banyak sekali penyakit kulit yang menyebabkan keluhan gatal. Keluhan ini biasanya sangat mengganggu pasien, apalagi jika terjadi pada malam hari maka biasanya dapat mengganggu tidur pasien. Keluhan gatal sebenarnya merupakan keluhan yang paling sering dirasakan pada tiap gangguan kulit. Hampir semua penyakit kulit pasti memiliki keluhan ini. Berikut akan saya sampaikan beberapa kemungkinan penyebab keluhan gatal antara lain:

    1. Individu yang mudah berkeringat/ keringat yang berlebihan.
    2. Xerosis kutis merupakan kulit yang terlalu kering. Keadaan ini mencetuskan serangan gatal yang sering dikeluhkan pasien.
    3. Dermatitis atopik. Keluhan ini akibat riwayat atopik yang dimiliki pasien, terkait faktor genetik. Bisa terjadi mulai bayi, remaja atau dewasa.
    4. Dermatitis kontak alergi (DKA) ataupun dermatitis kontak iritan (DKI). Akibat kontak dengan bahan alergen atau bahan yang mengiritasi kulit.
    5. Penyebabnya belum diketahui pasti namun sering dikaitkan dengan stress. Biasanya gatal bisa terjadi pada punggung kaki, tungkai, leher, tangan dan lain sebagainya.
    6. Infeksi jamur misal tinea korporis ataupun kandidiasis juga menyebabkan rasa gatal.
    7. Infeksi karena parasit misal karena skabies juga menyebabkan rasa gatal yang hebat. Skabies sangat menular. Dalam 1 keluarga ada beberapa orang yang mengalami keluhan ini.
    8. Penyebab lain.

    Pengobatan akan diberikan tergantung dari penyebab penyakitnya. Untuk itu yang terpenting saat ini adalah penentuan diagnosis penyebab keluhan tersebut dahulu. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk menggali informasi gejala penyerta keluhan gatal, pemeriksaan fisik untuk melihat gambaran lesi di kulit atau bahkan dilakukan pemeriksaan penunjang jika memang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit. Pengobatan yang tak sesuai malah akan memperberat keluhan. Selain pengobatan yang tepat, menghindari kebiasaan menggaruk saat gatal juga sangat membantu mengurangi pelebaran lesi. Kebiasaan menggaruk sering memperluas dan memperberat penyakit kulit tersebut.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gatal Gatal pada Kulit Sensitif

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.