• Dok, saya ingin bertanya. Badan saya terasa gatal2 di bagian pinggang. Saya tidak tahu apa penyebab awalnya, tau2 mendadak gatal dan membuat saya menggaruk nya. Namun setelah berkali kali menggaruknya, area yg gatal tersebut berubah menjadi betol merah kecil-kecil dan setelah itu menjadi hitam. Lalu kemudian, gatal2 itu menyebar ke bagian leher depan dan tengkuk leher saya, di pinggul, dan di bagian paha pinggir yg mengahadap ke arah ms.V saya. Tetapi dibagiam tersebut tidak berwarna hitam seperti di bagian pinggang saya, hanya berupa bentol kecil-kecil. Dan itu sangat gatal pada saat sianh hari dan malam hari ketika saya tidur atau mau tidur.

    Kira-kira itu kenapa ya dok? Soalnya saya mencari-cari artikel di google, banyak sekali penyebab gatal. Dan salah satu nya adalah kanker dan batu ginjal kronis dan ini membuat saya cemas.

    Mohon di jawab ya dok apa sebab saya gatal-gatal seperti ini dan beri tahu juga perbedaan penyakit gatal yg saya alami dengan penyakit gatal lainnya. Terima kasih dok sebelummnya:)

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal yang digaruk terus menerus umumnya akan meninggalkan bekas berupa beercak – bercak kehitaman. Gatal sebenarnya merupakan reaksi alamiah tubuh ketika ada sesuatu yang menstimulus atau mengiritasi kulit. Gatal bisa menjadi hal normal namun juga bisa karena penyakit tertentu yang mendasarinya. Banyak sekali penyakit kulit yang menyebabkan gatal dan timbul bercak hitam sehingga penting sekali dilihat gambaran klinisnya agar tidak keliru dalam penentuan diagnosis. Sebagai informasi untuk anda penyebab keluhan gatal dan bintik hitam bisa karena:

    Skabies, yang merupakan penyakit kulit akibat parasit Sarcoptes scabei bisa menyebabkan keluhan gatal yang terutama terjadi pada malam hari. Penyakit ini biasanya menyerang juga anggota keluarga yang tinggal serumah atau teman di satu lingkungan. Infeksi oleh parasit lainnya juga bisa menyebabkan keluhan gatal disertai bentol dan bintik hitam.
    2.       Urtikaria juga bisa menimbulkan keluhan gatal yang disertai timbulnya bentol pada kulit. Lama kelamaan bentol akan berubah  menjadi bercak kehitaman. Penyakit ini bisa karena alergi debu, udara dingin, karena binatang dan lainnya

    3.       Penyakit lain

    Tatalaksana yang diberikan tergantung diagnosis penyakitnya. Oleh karena itu silakan memeriksakan langsung ke dokter agar bisa dilihat gambaran klinis nya secara langsung.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Gatal Gatal Berbintik Hitam Kecil Kecil

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.