• dok kenpa ya akhir-akhir ini sudah hampir 3 bulan suami saya badannya sering gatal-gatal tiap malam sudah di beri obat macam-macam kok belum sembuh mohon solusi obatnya biyar cepat sembuh

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Hampir tiap penyakit kulit memiliki keluhan utama berupa rasa gatal di tubuh. Gatal merupakan salah satu reaksi tubuh terhadap sesuatu yang tidak nyaman di kulitnya. Gatal sendiri bisa disebabkan karena bermacam – macam hal mulai dari masalah ringan ataupun karena sebab yang lebih serius.

    Berikut ada beberapa kemungkinan penyebab gatal yang umum terjadi yaitu antara lain:

    • Kulit yang terlalu kering seringkali menyebabkan keluhan gatal.
    • Keringat berlebih.
    • Dermatitis juga merupakan salah satu penyakit kulit yang menyebabkan rasa gatal. Dermatitis sendiri terdiri dari berbagai macam antara lain dermatitis atopik, dermatitis kontak iritan, dermatitis kontak alergi dan lain sebagainya.
    • Infeksi kulit akibat jamur misalnya candidiasis, tinea corporis juga bisa menyebabkan keluhan gatal.
    • Akibat penyakit sistemik yang mendasarinya misalkan pada pasien diabetes melitus,penyakit ginjal seringkali muncul keluhan gatal yang dialami oleh pasiennya.
    • Dan sebab lain.

    Sangat banyaknya kemungkinan penyebab gatal membuat pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter menjadi sangat penting. Dokter harus melihat lesi di kulit pasien untuk membedakan antara sebab satu dengan sebab lainnya sehingga dapat ditegakkan diagnosis penyakitnya. Hal ini penting dalam pemilihan terapi yang tepat. Terapi yang tak sesuai sering sekali memperberat keluhan gatal dan lesi di kulit.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Obat Gatal – Gatal yang Membandel

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.