• Dok, saya mengalami gatal-gatal disekujur tubuh yg bentuknya mirip dengan biduran, bentol-bentol besar bgt yg kalo digaruk ukuran bentolnya makin melebar. Jika dibiarkan saja gatal-gatalnya akan semakin parah dan hampir muncul disemua bagian tubuh termasuk bagian wajah. Saya disarankan oleh kakak saya untuk minum obat ‘incidal’, lalu gatalnya menghilang, tp jika 2 hari tidak minum obat itu maka gatal-gatalnya muncul lagi. Sehingga seperti ada ketergantungan obat incidal itu dok. Akhir2 ini gatal-gatalnya disertai demam ringan dok, jadi saya minum incidal sekaligus paracetamol untuk merdakan demamnya. Tapi tetap saja jika 2 hari tdk minum obat gatalnya datang lagi beserta demamnya. Mohon infonya sebenarnya saya sakit apa dan cara mengatasi yg benar seperti apa dok, trimakasih dokter

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal pada tubuh disertai bentol – bentol pada tubuh bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya karena gigitan serangga, biduran atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai urtikaria atau karena sebab lainnya. Ada baiknya memang dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu secara langsung untuk memastikan penyebab keluhan anda apakah memang benar karena biduran atau karena sebab lainnya. Biduran atau urtikaria merupakan reaksi inflamasi atau peradangan pada pembuluh darah kulit yang menyebabkan munculnya beberapa gejala klinis yaitu berupa keluhan gatal yang disertai bentol  – bentol pada kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal misal udara dingin, debu, obat – obatan, bulu binatang, bahan kimia tertentu, dan sebab lainnya.

    Jika memang benar karena urtikaria maka selain diberikan obat – obatan anti histamin untuk meredakan keluhan gatal juga bisa dilakukan upaya penghindaran faktor pencetus biduran. Hal ini penting agar keluhan ini tidak berulang lagi untuk yang kesekian kalinya. Namun jika penyebab keluhan anda bukan karena biduran maka tatalaksana yang diberikan juga bisa berbeda lagi tergantung dari diagnosis penyakitnya. Oleh karena itu silakan memeriksakan langsung ke dokter agar bisa dilihat gambaran klinis nya secara langsung. Penentuan diagnosis yang tepat mempengaruhi keberhasilan terapi.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Gatal-gatal Disertai Demam Ringan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.