• Gatal ini terjadi saat musim dingin mejelang tidur dan saat tidur terjadi gatal-gatal pada bagian kelamin dan selangkangan.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal – gatal pada kelamin dan selangkangan sering dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini umumnya tidak berbahaya, namun sangat mengganggu penderitanya. Keluhan gatal pada selangkangan dan kelamin sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa penyakit, antara lain:

    1. Penyakit kulit ini bisa menyerang kulit kaki, tangan, hingga selangkangan dan kelamin. Tidak ada penyebab pastinya, namun seringkali dihubungkan dengan faktor stress sebagai pemicu.
    2. Dermatitis kontak alergi (DKA) maupun dermatitis kontak iritasi (DKI). Keluhan gatal yang terjadi bisa terjadi pada daerah manapun dari tubuh, termasuk kelamin dan selangkangan. Biasanya terjadi akibat kontak dengan bahan alergen ataupun bahan yang mengiritasi, misalnya renda pakaian dalam, bahan wool, jeans, dan lain sebagainya.
    3. Infeksi jamur, misalnya Candidiasis ataupun tinea kruris. Jamur seringkali menyebabkan keluhan gatal terutama daerah yang lembab seperti kelamin dan selangkangan.
    4. Dan lain sebagainya.

    Untuk mengatasinya tentu harus dipastikan dulu diagnosis penyakitnya. Jika karena dermatitis kontak alergi maupun iritasi hingga neurodermatitis maka bisa diberikan krim kortikosteroid. Namun jika karena infeksi jamur maka perlu anti jamur untuk mengatasinya. Keluhan gatal memang lebih sering terjadi pada malam hari, karena pada malam hari ambang gatal individu cenderung menurun sehingga lebih sering merasa gatal. Pada malam hari juga, rata – rata individu dalam keadaan santai dan tidak sesibuk pada saat siang hari sehingga lebih sensitif terhadap rasa gatal.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gatal-gatal pada Malam Hari Menjelang Tidur pada Selakangan dan Kelamin

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.