• Selamat malam dok.

    Langsung saja ya dok. Awalnya saya mrasa kurang enak badan. Krn kebiasaan kerokan,saya kerokan pakai minyak kayu putih skitar badan yg mampu saya jangkau saja. Dr leher sampe ke perut. Awal nya sekitar perut trasa gatal,ada sdikit mruntuknya. Lama2 smakin bnyak,mruntuknya ky mengumpul n makin kemerahan,rasa gatal makin trasa. Lama2 jd ke dada sampe ke leher. Cm skitar yg kna minyak ky putih saja. Padahal saya tidak pernah alergi minyk ky pth. Tp krn saya liat gatas mruntus nya cm diarea yg kna mnyak ky pth jd saya ber simpulan itu mmng alergi mnyak ky pth. Betul nda dok?

    Da hmpir 1ming lbh gatal masih saja. Yg merah2 jd item2. Tp rasa gatal masih. Saya dah mnum interhistin tp masih blm hilang jg. Mmng ada yg kempes,tp msh gatal bagian lain pa lg klo kna kringat. Dan sekarang muncul mruntus lg dok,wlo mruntusnya tdk ngumpul n tidak jd ky merah mbengkak ky gatal awal,tp mruntusnya lumayan bnyak lg di dada. Kna pa ya dok?obat yg pas apa dok?mksh

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal memang sangat mengganggu bagi individu yang merasakan. Keluhan ini biasanya disertai gejala lainnya misal bruntus – bruntus, merah dan lain sebagainya. Gambaran klinis dari masing – masing penyakit kulit ini hampir mirip sehingga perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter untuk menegakkan diagnosisnya. Ada beberapa penyakit kulit dengan gambaran klinis berupa gatal disertai bruntus – bruntus misalnya:

    1. Dermatitis, misal dermatitis kontak alergi, dermatitis kontak iritan, dermatitis atopik, dan lain sebagainya.
    2. Banyak faktor penyebab misal dingin, kontak dengan binatang dan lain sebagainya
    3. Biasanya akibat faktor keringat berlebih
    4. Penyebab lainnya

    Berdasarkan penjelasan saya di atas diketahui penyebab keluhan anda sangat banyak sehingga saya tidak bisa menjawab penyebab pastinya jika tidak melakukan pemeriksaan secara langsung. Namun bisa saja memang keluhan gatal anda akibat dermatitis kontak alergi/ iritan yang tercetus akibat minyak kayu putih. Penggunaan minyak kayu putih yang berlebih bisa saja menyebabkan iritasi ataupun alergi pada kulit anda. Jika benar seperti ini maka perlu dilakukan penghindaran penggunaan bahan yang terlalu banyak, serta bisa diberikan obat topikal (misal krim atau salep) tertentu untuk mengurangi keluhan. Silakan konsultasi ke dokter secara langsung agar bisa dipastikan kembali penyebab pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan yang tak sesuai penyebab justru malah akan memperluas keluhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gatal Karena Alergi Minyak Kayu Putih

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.