• assalamu’alaikum

    dok,,sekujur tubuh saya terasa gatal,kemungkinan karena saya makan ikan asin,awalnya saat tidur malam hari bagian lengan terasa gatal kemudian siangnya menjalar ke bagian dada kemudian saya mandi takut baju atau badan saya kotor setelah mandi saya kasih bedak heroxin eh malah jadi sekujur tubuh merah-merah seperti kena ulat  akhirnya saya beli obat apotik,setelah minum rasa gatal agak berkurang tapi merah-merahnya sudah d sejujur tubuh pagi harinya saya berobat ke puskesmas,setelah minum obatnya dada terasa nyeri&sesak,kemudian saya ganti dokter saya minum obatnya justru gatalnya tambah parah sampai semalam ga bisa tidur  dada juga masih sesak,akhirnya saya rawat inap. setelah rawat inap sudah baikan pulang tp sekarang muncul lagi gatal d sekujur tubuh,sudah d olesi berbagai ramuan tradisionao tp belum sembuh,sekarang sudah hampir satu minggu. mohon solusinya ya dok,,,terima kasih

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal – gatal pada kulit merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan oleh hampir tiap individu. Rasa gatal merupakan respon normal tubuh ketika ada sesuatu yang menstimulus atau mengiritasi kulit. Gatal bisa disebabkan karena hal ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat. Rasa gatal ini umum dialami pada hampir semua penyakit kulit, biasanya disertai keluhan bintik – bintik merah atau berisi air ataupun bentol pada kulit. Sehingga sebenarnya perlu penggalian informasi secara lebih detail disertai pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang pada kulit guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab gatal yaitu antara lain:

    1. Karena xerosis kutis atau kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan keluhan gatal yang sangat mengganggu.
    2. Steven Johnson syndrome. Merupakan suatu reaksi alergi yang terjadi akibat paparan dengan alergen tertentu. Gejala bisa berupa bengkak pada mata, bibir, kemerahan, gatal pada tubuh, sesak nafas dan masih banyak lagi.
    3. Urtikaria juga menyebabkan gatal yang disertai bentol – bentol pada kulit akibat reaksi inflamasi (peradangan) pada pembuluh darah kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal misal udara dingin, binatang, dsb.
    4. Miliaria juga bisa menyebabkan keluhan gatal disertai bintik – bintik kecil. Keluhan ini bisa terjadi karena keringat yang berlebihan.
    5. Penyebab lainnya

     

    Kondisi yang anda alami bisa karena salah satu di atas atau karena sebab lainnya. Perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah kondisi anda saat ini terkait dengan riwatal gatal sebelumnya atau tidak. Pemberian obat anti histamin seperti loratadin, cetirizin dan lain sebagainya dapat membantu mengurang i gatal dan kemerahan. Kortikosteroid misalnya deksametason, prednison dan lain sebagainya juga bisa membantu menekan munculnya reaksi alergi yang berlebihan dalam tubuh. Namun perlu dipastikan dulu penyebabnya karena obat ini tidak bisa diminum sembarangan dan tak bisa diberikan untuk kondisi tertentu.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Gatal Karena Alergi Makanan, Bagaimana Solusinya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.