• Dok kenapa ya, pada saat saya buang air kecil, miss v di bagian bawah itu terasa gatal sekali ? Kira kira penyakit apa ya dok ?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gatal pada tubuh menyebabkan rasa tidak nyaman. Apalagi jika terjadi pada daearah yang sensitive seperti vagina dan vulva (labia, klitoris ataupun liang vagina), maka akan menjadi sangat tidak nyaman. Gatal pada genital kebanyakan bukan karena sebab yang serius tapi karena kebanyakan disebabkan karena infeksi maka sebaiknya langsung diperiksakan ke dokter. Ada beberapa penyebab gatal pada daerah genital antara lain:

    • Vaginosis bakteri. Dalam vagina memang terdapat beberapa bakteri yang menjadi flora normal dalam tubuh. Tetapi jika tumbuh berlebihan maka dapat menyebabkan infeksi. Selain gatal, ada keluhan lain yang sering terjadi antara lain peradangan, keluar cairan dari vagina, dan bau tidak enak pada vagina.
    • Infeksi menular seksual. Bisa disebabkan karena bakteri, jamur maupun virus. Gejala yang terjadi antara lain gatal, iritasi dan gejala lainnya.
    • Candidiasis vagina. Disebabkan karena jamur Candida dengan gejala yang muncul antara lain gatal, keputihan seperti susu, dan lain sebagainya.
    • Penurunan produksi estrogen yang terjadi pada wanita di akhir masa reproduksi bisa menyebabkan dinding vagina tipis dan kering sehingga menyebabkan sering gatal dan iritasi.
    • Iritasi kimia. Akibat beberapa substansi kimia misalnya krim, sabun, tisu toilet, pembalut, dan lain sebagainya.
    • Akibat kelembaban yang meningkat di daerah genital menyebabkan rasa gatal juga semakin meningkat. Sehingga perlu dijaga kelembabannya dengan sering mengganti pakaian dalam yang berkeringat, membasuh genital dengan air bersih, melap genital agar tetap kering dan bersih.

    Karena penyebab keluhan gatal pada genital sangat banyak, maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis penyakitnya serta mendapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya , semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Gatal pada Bagian Miss V Saat Buang Air Kecil

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.