• dok, saya bahtiar umur 19. kulit kepala saya ada merah merahnya. berminyak juga . kalo rambutnya di garuk ada
    kulit kering yang berjatuhan. sesudah di garuk kalo buat mandi rasanya perih . setiap terkena panas selalu gatal. dan juga rambut saya ada ubanya. ini jenis penyakit apa ya dok. bgaimana solusinya untuk nengatasi penyakit sperti ini

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kulit kepala merupakan salah satu area tubuh dengan kandungan minyak yang cukup banyak karena banyaknya kelenjar minyak yang berada di dekat folikel rambut. Sehingga tak heran seringkali rambut tampak berminyak, lembab, dan terasa gatal apalagi saat udara sedang sangat panas. Area kulit kepala yang lembab dan berminyak memudahkan tumbuhnya jamur yang membuat timbulnya ketombe. Keluhan yang akan dirasakan pasien antara lain adanya bintik – bintik putih di rambut dan kulit kepala, rambut yang berminyak, rasa gatal yang seringkali mengganggu yang jika digaruk terus menerus dan berlebihan membuat kulit kepala iritasi dan terluka.

    Oleh karena itu perlu dilakukan perawatan khusus pada rambut dan kulit kepala untuk mengindari keluhan tersebut, misalnya dengan rutin mencuci rambut dengan shampo yang cocok minimal dua hari sekali, pilihlah shampoo yang sesuai untuk rambut berminyak dan berketombe, setelah keramas sebaiknya keringkan rambut dengan benar sehingga tidak lembab, jangan menutup area kepala dan rambut dengan penutup kepala saat rambut masih dalam keadaan basah, dan lain sebagainya. Pemberian shampoo yang mengandung selenium sulfida, zink dan lain sebagainya bisa membantu mengurangi ketombe. Namun jika tidak membaik ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk mendapat terapi yang tepat.

    Untuk keluhan rambut putih atau uban pada usia muda bisa disebabkan salah satunya oleh faktor genetik.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Gatal pada Kulit Kepala dan Bersisik

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.