• Dok gatal di kulit yang saya alami ini kira kira jenis penyebabnya apa dan obatnya apa? Karena tiba tiba kulit merah sekitarnya menebal ditengahnya seperti ada bekas duri yg tertinggal jadi terasa sengkring2 kalo kegesek celana. Gatal sering terjadi didaerah perut,paha,selakangan.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal di kulit sebenarnya sangat banyak kemungkinan penyebabnya. Gambaran klinis yang muncul di tubuh pasien juga biasanya memiliki kemiripan. Untuk keluhan yang anda rasakan berupa gatal disertai kulit merah menebal bisa disebabkan karena beberapa hal, antara lain:

    1. Dermatitis venenata. Kelainan kulit ini bisa berupa rasa gatal dengan kulit kemerahan menebal, disebabkan karena kontak dengan binatang tertentu baik digigit, dan lainnya.
    2. Kelainan kulit ini bisa berupa bentol- bentol atau bercak merah menebal di kulit. Bisa terjadi di seluruh tubuh. Penyebabnya juga bermacam – macam mulai dari cuaca, kontak dengan bahan tertentu, obat – obatan, binatang, makanan dan lain sebagainya.
    3. Infeksi akibat parasit. Juga bisa menyebabkan keluhan yang sama berupa gatal disertai bercak merah menebal. Bisa menyerang seluruh tubuh misal badan, selangkangan dan lain sebagainya.
    4. Dan lain sebagainya

    Untuk memastikan memang harus dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung karena seperti yang saya sampaikan sebelumnya keluhan lesi di kulit memiliki kemiripan antara satu dengan lainnya. Pengobatan berbeda tergantung dari penyebabnya. Jika karena alergi, gigitan binatang bisa dengan krim atau salep yang mengandung kortikosteroid. Namun berbeda lagi pengobatannya jika karena infeksi parasti dan lain sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Gatal pada Kulit: Merah, Menebal dan Nyeri

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.