• Tolong dok obat apa buat gatal di perut saat hamil, trima kasih

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal sebenarnya merupakan keluhan umum dan paling sering dirasakan jika ada gangguan pada kulit. Hampir tiap penyakit kulit pasti memiliki keluhan ini, sehingga sebenarnya akan sulit menentukan diagnosis penyakit jika hanya berdasarkan informasi rasa gatal saja. Berikut beberapa kemungkinan penyebab keluhan gatal antara lain:

    1. Akibat kulit yang terlalu kering atau biasa disebut xerosis kutis.
    2. Akibat perubahan hormonal dan juga kulit yang sangat meregang karena perut membesar saat hamil juga bisa menyebabkan gatal.
    3. Karena keringat berlebihan juga mencetuskan rasa gatal.
    4. Akibat dermatitis, baik karena dermatitis atopik, dermatitis kontak alergi (DKA), dermatitis kontak iritan (DKI), neurodermatitis dan lain sebagainya.
    5. Infeksi jamur misal tinea korporis juga menyebabkan rasa gatal.
    6. Infeksi karena parasit misal karena skabies juga menyebabkan rasa gatal yang hebat. Skabies sangat menular sehingga biasanya dalam 1 keluarga ada beberapa orang yang mengalami keluhan ini.
    7. Dan lain sebagainya

    Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk menggali informasi gejala penyerta keluhan gatal, pemeriksaan fisik untuk melihat gambaran lesi di kulit atau bahkan dilakukan pemeriksaan penunjang jika memang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit. Pengobatan akan diberikan tergantung dari penyebab penyakit. Masing – masing penyebab keluhan memiliki standar pengobatan yang berbeda. Sehingga yang paling penting adalah penentuan diagnosis penyakitnya terlebih dahulu. Pengobatan yang tak sesuai malah akan memperberat keluhan. Apalagi jika saat ini sedang hamil.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gatal pada Perut Saat Hamil, Apa Obatnya Dok?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.