• dok, saya sekitar seminggu yang lalu mulai mengalami gatal di bagian selangkangan. awalnya nggak saya cek, tapi lama lama semakin mengganggu dan saya kasih caladine cair. agak berkurang tapi tetap gatal dan setelah saya lihat ada bercak kehitaman yang jelas garisnya. bagaimana dok? apakah kalo pakai caladine tadi bisa sembuh? trims

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal di selangkangan dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, antara lain yang tersering adalah :

    1. Dermatitis akibat alergi, iritasi, stress dan lain sebagainya.
    2. Infeksi jamur, misalnya candidiasis, tinea kruris dan lain sebagainya.

    Berdasarkan penyebabnya maka tatalaksana penyakit tersebut akan berbeda. Jika karena alergi ataupun iritasi maka dapat diberikan krim anti histamin ataupun yang mengandung kortikosteroid untuk mengurangi gatal dan mengatasi keluhan lainnya. Namun jika penyebabnya karena infeksi jamur maka perlu obat anti jamur untuk mengatasinya, sehingga keluhan dapat diobati hingga tuntas. Jika penyebabnya karena jamur maka jangan menggunakan krim yang mengandung kortikosteroid karena malah akan memperberat dan memperluas keluhan gatal dan lesi di selangkangan.

    Penggunaan caladine cair dapat digunakan untuk mengurangi gatal karena mengandung anti histamin. Namun sekali lagi harus ditentukan penyebabnya terlebih dahulu apakah gatal di selangkangan tersebut karena apa penyebabnya. Jika karena infeksi jamur maka tidak akan cukup hanya dengan caladine cair. Selain itu anda perlu melakukan hal – hal berikut agar keluhan tidak muncul lagi:

    1. Jangan menggaruk daerah selangkangan. Bercak kehitaman pada selangkangan terjadi akibat garukan yang dilakukan terus menerus. Periode garukan dan keluhan seperti lingkaran yang tidak terputus. Jadi semakin anda menggaruk maka semakin luas keluhan sehingga tidak akan sembuh – sembuh dan terus berulang.
    2. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat karena menyebabkan gesekan di daerah selangkangan dan meningkatkan rasa gatal.
    3. Sering ganti pakaian dan pakaian dalam yang lembab. Daerah selangkangan yang terlalu lembab akibat keringat dan lain sebagainya akan meningkatkan rasa gatal.
    4. Basuh daerah kemaluan dan selangkangan dengan air bersih sehabis dari toilet. Kebersihan yang tidak terjaga di daerah tersebut akan meningkatkan rasa gatal dan meningkatkan resiko terjadinya infeksi jamur.

    Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Gatal pada Selangkangan Bolehkah Pakai Caladine Cair?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.