• Salam,

    Dok, saya merasa ada yang aneh dengan rasa gatal yang saya derita selama ini. Sebab pada awalnya hanya gatal biasa sekujur badan, termasuk lidah dan kulit kepala, kulit tubuh saya normal saja, tapi ketika saya menggaruk, beberapa menit kemudian muncul kulit yg lebam mengikuti alur garukan saya. Walau yang saya garuk itu bukan di bagian gatalnya. Sebagai contoh, sekarang saya ambil sisir rambut dan saya goreskan pada lengan atau paha saya yang biasa saja (tanpa gatal), beberapa menit kemudian, kulit saya akan lebam memerah mengikuti pola garukan sisir tadi dengan sangat kompleka. Saya tidak tahu apa gejalanya, Dok. Terimakasih…

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal – gatal sering menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya, apalagi jika rasa gatal berlangsung di seluruh tubuh. Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan ataupun mencetuskan keluhan gatal mulai dari kulit yang terlalu lembab atau justru sebaliknya kulit terlalu kering. Berdasarkan keluhan yang anda alami kemungkinan saya menduga dicetuskan oleh kulit yang terlalu kering. Kulit kering atau dalam istilah kedokteran juga disebut dengan xerosis kutis sering menimbulkan sensasi rasa gatal sehingga membuat penderitanya selalu ingin menggaruk bagian tubuhnya. Kulit yang terlalu kering membuat sawar kulit menjadi kurang baik, kulit juga menjadi pecah – pecah dan mudah terluka apalagi jika terlalu sering digaruk. Saat kulit kering digaruk baik dengan kuku ataupun dengan sisir akan membuat goresan mengikuti alur garukan tadi dan jika menggaruknya terlalu kuat maka bisa membuat perdarahan di bawah kulit sehingga menyebabkan kulit berwarna kebiruan dan terlihat lebam.

    Penyebab kulit kering ada banyak macam misalnya kebiasaan mandi dengan air panas, kelembaban udara yang kurang juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering, penggunaan sabun tertentu juga bisa menyebabkan kulit kering, mandi terlalu sering misal lebih dari 3 kali sehari dengan penggunaan sabun berulang – ulang, paparan sinar matahari berlebihan, adanya riwayat alergi dan lain sebagainya.

    Ada baiknya untuk mengurangi keluhan ini coba anda gunakan pelembab terutama sehabis mandi untuk menjaga kadar air dalam kulit anda, hindari penggunaan sabun terlalu keras, jangan terlalu sering mandi > 3kali perhari, pergunakan sabun yang meningkatkan kelembaban tubuh anda dan lain sebagainya. Jika keluhan memberat silakan periksakan langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Gatal Sekujur Badan Sudah Hampir Satu Tahun

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.