• Dok….ibu saya 8 bulan lalu terkena stroke (pecah pmbuluh darah) tapi sekarang sudah pulih kembali. Namun sudah 2 bulan selalu gatal tenggorokan, karena gatal tersebut lalu batuk. gatal batuknya tanpa disertai panas, flu atau yang lainnya. Jadi hanya gatal dan batuk saja. Apa itu ada kaitannya dengan stroke? Atau hanya radang biasa? Mohon solusinya. Trimakasih atas jawabannya

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal pada tenggorokan dan juga batuk sebenarnya tak ada kaitannya dengan kejadian stroke akibat pecahnya pembuluh darah yang dialami oleh ibu anda. Keluhan gatal pada tenggorokan dan batuk bisa disebabkan oleh karena hal – hal berikut:

    1. Infeksi saluran napas bagian atas. Keluhan yang muncul bisa berupa batuk – batuk baik berdahak maupun tidak berdahak. Keluhan ini bisa disertai dengan demam ataupun tidak, keluhan lain yang bisa muncul berupa gatal pada tenggorokan, pilek, sakit kepala dan lain sebagainya. Namun jika daya tahan tubuh baik biasanya keluhan yang muncul hanya salah satunya saja, misal batuk dan gatal tenggorokan.
    2. Efek obat yang digunakan. Misalnya seorang individu yang mengkonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darah berupa captopril sering mengalami keluhan batuk dan juga tenggorokan gatal sebagai salah satu efek samping dari obat tersebut.
    3. Penyebab lainnya

    Jika keluhan terasa mengganggu dan berlangsung lama serta tak membaik dengan obat batuk yang bisa dibeli bebas, maka ada baiknya anda memeriksakan ibu anda secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan ibu anda. Jika memang penyebabnya karena konsumsi obat tertentu misal captopril untuk menurunkan tekanan darah maka sebaiknya obat tersebut digantikan dengan obat anti hipertensi lainnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gatal Tenggorokan dan Batuk

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.