• Selamat sore dok, Saya mau bertanya, saya memiliki masalah dengan kulit saya, rasanya itu gatal, dan merah merah. Sudah diobati sembuh hanya beberapa saat tapi akan timbul kembali. Saya mohon penjelasannya dok mengenai penyakit kulit saya ini. Karena sangat menggangu.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Rasa gatal di tubuh sering sekali dialami. Hampir tiap individu mulai dari anak kecil hingga dewasa pasti pernah mengalami keluhan gatal. Rasa gatal merupakan respon normal tubuh terhadap suatu stimulus pada kulit. Umumnya jika rasa gatal dialami maka tubuh akan merespon dengan berusaha menggaruknya. Keluhan gatal sering disertai dengan keluhan merah – merah pada tubuh. Ada banyak kemungkinan penyebab keluhan gatal dan merah – merah pada tubuh yaitu, antara lain:

    • Dermatitis, baik dermatitis alergi, dermatitis kontak iritan, neurodermatitis dan lain sebagainya. Bisa diakibatkan oleh faktor alergi, kontak dengan bahan – bahan tertentu, stress pikiran dan lain sebagainya. Keluhan gatal dan merah seringkali hilang timbul apalagi jika kontak atau terpapar dengan faktor pencetusnya. Oleh karena itu jika disebabkan karena ini, maka sebaik – baiknya pengobatan adalah dengan menghindari faktor pencetus.
    • Infeksi jamur, misal akibat tinea corporis. Infeksi jamur bisa menyebabkan keluhan gatal disertai merah pada kulit. Untuk mengatasinya perlu diberikan obat anti jamur.
    • Akibat keringat berlebihan
    • Akibat kulit yang terlalu kering juga bisa menimbulkan keluhan gatal dan merah.
    • Dan lain sebagainya

    Lesi pada kulit umumnya memiliki gambaran klinis yang mirip satu sama lain. Oleh karena itu memang perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk mendapatkan diagnosis pastinya. Dan kadang juga perlu dilakukan pemeriksaan penunjang. Penentuan diagnosis yang tepat sangat penting agar terapi yang diberikan juga tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gatal yang Timbul Kembali Meskipun Telah Diobati

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.