• Assalamualaikum wr. Wb. Kenapa setelah badan ku panas. Selalu muncul bentol bentol kaya yang digigit nyamuk. Dan terasa sangat gatal. Dan bentol-bentol itu juga keluar klo sedang berkeringat saat panas suhu badanya?

    Waalaikum salam ww wb. Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gatal pada kulit merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan oleh hampir tiap individu. Keluhan ini merupakan hal normal yang dialami tubuh, namun bisa juga disebabkan karena masalah ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat. Rasa gatal ini umum dialami pada hampir semua penyakit kulit, biasanya disertai keluhan bintik – bintik merah atau berisi air ataupun bentol pada kulit. Sehingga sebenarnya perlu penggalian informasi secara lebih detail disertai pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang pada kulit guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab gatal disertai bentol yaitu antara lain:

    1. Urtikaria merupakan reaksi inflamasi pada pembuluh darah di kulit. Keluhan ini merupakan penyebab gatal disertai bentol yang paling sering terjadi. Keadaan ini bisa disebabkan banyak hal mulai dari udara dingin, gigitan binatang, infeksi yang terjadi, obat –obatan, dan masih banyak lagi.
    2. Miliaria juga bisa menyebabkan keluhan gatal disertai bintik – bintik kecil. Keluhan ini bisa terjadi karena keringat yang berlebihan.
    3. Penyebab lainnya

    Tatalaksana yang diberikan tergantung diagnosis penyakitnya. Oleh karena itu silakan memeriksakan langsung ke dokter agar bisa dilihat gambaran klinis nya secara langsung.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Gatal-gatal Setelah Badan Panas

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.