• Assalamualikum, Dok, saya punya adik bayi umur 8 bulan. ketika tidur kepalanya berkeringat berlebihan, timbul bintik merah muda di kepala, buang air terus, panas tinggi, batuk,nafasnya sesak, terus muntah-muntah juga dok.
    Itu kenapa ya dok.
    terima kasih

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan demam sering sekali dialami oleh beberapa individu terutama pada bayi dan anak – anak. Demam adalah peningkatan suhu di atas 37,5 derajat celcius, sehingga perlu pengukuran suhu yang tepat dengan termometer untuk mengetahuinya. Penyebab demam juga bisa beraneka ragam. Keluhan penyerta yang mengiringi demam dapat membantu memberikan informasi tambahan guna mengidentifikasi kemungkinan penyebab. Keluhan batuk, sesak yang mengiringi demam bisa saja disebabkan oleh infeksi saluran napas yang terjadi pada saluran napas bagian atas ataupun saluran napas bagian bawah. Penyebab infeksi juga beraneka ragam, bisa karena bakteri, virus, jamur ataupun parasit.

    Keluhan muntah yang dirasakan harus dipastikan apakah muntah terjadi karena adanya gangguan di saluran cerna misal karena infeksi atau muntah terjadi karena refleks batuk yang berlebihan. Begitu pun dengan buang air besar yang dialami bayi harus dipastikan apakah masih termasuk normal ataukah bayi mengalami diare. Diare merupakan buang air besar dengan frekuensi lebih dari tiga kali dalam satu hari disertai perubahan konsistensi feses dimana feses menjadi cair. Jika tidak termasuk ke dalam kriteria tersebut maka bayi belum termasuk ke dalam diare.

    Untuk memastikan penyebab keluhan, bayi harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan. Silakan konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Berkeringat dan Bintik Merah pada Bayi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.