• dok sya mau tnya gejala asma akut itu apa sih dok??? belakangan dada terasa sangat sakit dan nyeri dok, kadang disertai sesak nafas dan sejak saya mengalami cidera keseimbangan saya menjadi ngak stabil kenapa ya dok????

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Asma bronkhial merupakan penyakit inflamasi atau peradangan pada saluran pernapasan yang sehingga menyebabkan obstruksi atau penyempitan pada saluran napas. Penyakit ini biasanya hilang timbul. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan namun dapat dikendalikan agar frekuensi kekambuhan dapat ditekan.

    Ada beberapa faktor baik dari dalam diri penderita ataupun dari lingkungan yang mempengaruhi kekambuhan penyakit asma yaitu antara lain:

    1. Faktor intrinsik (dari dalam diri pasien) : riwayat alergi, keturunan
    2. Faktor ekstrinsik (dari lingkungan luar) : infeksi misal karena bakteri ataupun virus dsb, cuaca dingin, asap rokok, debu, parfum, kelelahan fisik, stress, cemas dan lain sebagainya.

    Gejala yang muncul dari penyakit asma antara lain sesak napas, bunyi “ngik” (mengi) saat menarik napas atau menghembuskan napas, kadang disertai batuk berdahak, dan lain sebagainya. Untuk memastikan diagnosis penyakit asma harus dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan jika dibutuhkan perlu dilakukan pemeriksaan penunjang.

    Keluhan dada terasa sakit dan nyeri kemungkinan bukan karena asma namun karena sebab lainnya walaupun ada keluhan sesak napas. Bisa saja penyebab terjadinya keluhan akibat kram otot dada, trauma di dada (misal akibat benturan), infeksi paru dan jaringan sekitarnya atau karena sebab lain. Untuk memastikan penyebab keluhan anda sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Itu Gejala Asma Akut?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.