• maaf dok saya ada keluhan. saya sering sekali buang air kecil, sehari bisa sampai 20 kali. Itu sudah lama sekali dok, mungkin 2 tahunan. saya kira hanya beser biasa. tapi setelah tau ada diabetes insipidus saya jadi khawatir.

    Terima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering kencing bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari sebab ringan atau karena penyakit tertentu. Diabetes insipidus bisa menjadi salah satu penyebabnya. Namun penyakit ini ditegakkan diagnosisnya bukan hanya berdasarkan keluhan sering kencing, namun juga atas gejala – gejala lainnya yang muncul. Perlu dilakukan pemeriksaan yang lebih detail untuk menegakkan diagnosis penyakit ini. Selain diabetes insipidus, berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain:

    1. Konsumsi air berlebihan terutama saat akan tidur. Jika kita banyak minum tentu saja akan menyebabkan sering kencing dan ini merupakan respon normal. Apalagi jika banyak minum dilakukan saat akan tidur malam hari. Air yang dikonsumsi tidak digunakan untuk aktivitas tertentu, tidak dikeluarkan lewat keringat karena memang tak ada aktivitas fisik yang dilakukan serta udara malam yang dingin. Hal ini tentu membuat keluhan sering BAK.
    2. Suhu udara yang terlalu dingin, misal udara malam hari, hujan, AC, dsb.
    3. Infeksi saluran kemih. Keluhan kencing berulang sering merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK). Namun biasanya disertai keluhan tidak puas sehabis kencing atau terasa anyang – anyangan, kadang juga disertai nyeri supra pubik ( bagian perut di atas kemaluan), demam, dan lain sebagainya.
    4. Konsumsi obat – obatan yang bersifat diuretik, misalnya hidroklorotiazid, furosemid dan lain sebagainya. Obat – obat ini biasanya digunakan untuk menurunkan tekanan darah, namun kadang juga digunakan dalam campuran obat diet (pelangsing tubuh).
    5. Konsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, minuman berkarbonasi, dsb. Perhatikan pula susu yang anda konsumsi, adakah kandungan kafein di dalamnya atau obat – obatan tertentu yang bersifat diuretik (menstimulus kencing).
    6. Konsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Garam bersifat menarik air sehingga tak heran semakin banyak konsumsi garam maka akan semakin banyak air kemih yang dikeluarkan.
    7. Dan lain sebagainya.

    Silakan konsultasi langsung dengan dokter agar mendapat pemeriksaan fisik dan penunjang yang tepat guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    Terima kasih dok, secepatnya akan saya konsultasikan ke dolter

Beranda Tanya Dokter Gejala Diabetes Insipidus Lebih dari Satu Tahun

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.