• Pagi Dokter,

    Anak saya mengalami sariawan sudah 2 hari ini, kemudian muncul bintik-bintik merah di telapak tangan dan kaki lama-lama seperti melepuh. Waktu saya browsing ternyata itu seperti gejala flu Singapura. Saya sudah memberinya vitamin C, minuman pereda panas dalam, dan obat demam (karena terjadi demam). Apakah penyakit Flu Singapura ini berbahaya? Bagaimana cara pengobatan nya?

    Demikian pertanyaan saya, mohon penjelasan nya. Terimakasih.

    Salam

    Desy Indriani

    Selamat Malam

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Flu singapura atau hand foot and mouth disease merupakan penyakit akibat infeksi virus yang menyerang tangan kaki dan juga mulut. Bisa terjadi pada anak ataupun dewasa. Penularan bisa lewat kontak udara atau bisa juga lewat tinja yang terinfeksi. Gejala penyakit ini berupa demam tinggi mendadak (umumnya di atas 38 derajat celsius hingga 39 derajat), lemas, lesu dan lelah. Pasien juga mengalami lesi kulit berupa bercak/ bintik merah yang muncul hanya pada tangan dan kaki, adanya sariawan atau bercak – bercak putih pada dinding mulut, bibir, dan lainnya. Pasien juga mengeluh nyeri menelan dan terlihat keluar banyak air liur pada bayi dan anak. Air liur banyak keluar karena rasa nyeri di dalam mulut akibat radang tenggorokan dan sariawan.

    Penyakit ini bisa sembuh sendiri dan tak butuh pengobatan spesifik. Pengobatan hanya berupa terapi simptomatik untuk mengurangi keluhan misal paracetamol untuk menurunkan demam dan nyeri. Perbanyak asupan cairan agar pasien tidak mengalami kekurangan cairan. Apalagi saat tubuh demam tinggi kebutuhan akan cairan makin meningkat. Oleh karena itu perhatikan asupan cairan dengan memberi pasien banyak minum, baik susu, air putih, jus buah yang manis dan lain sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Gejala Flu Singapura Berbahaya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.