• Selamat siang dok, saya mengalami telat haid 3 minggu dan tadi pgi saya cek hasilnya positif, tapi saya tidak mengalami gejala hamil muda seperti yang kebanyakan orang rasakan …seperti mual muntah dan keluar bercak darah …justru saya pernah mengalami ngeflek kecoklatan …dan perut bagian bawah saya sakit trus selama sepekan ini serta keputihannya trus ….

    Apakah saya keguguran?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tidak semua kehamilan membuat ibu hamil menjadi mual, muntah, lemas, nafsu makan bertambah dan lain sebagainya. Hal ini bukanlah tanda pasti seseorang sedang hamil. Kehamilan memang memiliki tanda pasti dan tanda mungkin hamil. Keluhan – keluhan yang saya sampaikan di atas termasuk tanda mungkin hamil. Sedangkan untuk tanda pasti hamil harus dipastikan dengan pemeriksaan untuk mendengar adanya detak  jantung janin dan adanya kantung kehamilan di rahim ibu.

    Flek kecoklatan juga bukan semata – mata karena keguguran. Awal kehamilan juga bisa memberikan keluhan ini karena proses implantasi (menempelnya) sel telur yang telah dibuahi ke rahim ibu. Jika flek terjadi karena keguguran maka biasanya akan berlanjut dengan keluarnya darah dalam jumlah yang semakin banyak, bisa juga disertai rasa nyeri hebat di perut dan lain sebagainya. Untuk memastikan darah yang keluar dari kemaluan wanita merupakan akibat keguguran atau tidak, maka bisa dilakukan dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang (USG kehamilan).

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan diri secara langsung ke dokter. Tidak bisa ditentukan penyebab pasti keluhan yang anda alami hanya dengan informasi singkat dalam forum ini.

    Silakan anda baca artikel berikut:

    Beneran Hamil? Inilah Tanda- Tanda Kehamilan Mingggu Pertama

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gejala Hamil Muda seperti Keputihan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.