• Dok, saya mau bertanya. Hidung sayang suka sakit. Dan ssring tersumbat pdahal tidak sedang flu. Jika sudah tersumbat akan keluar ingus putih bening dan encer. Dan saya sering mencium bau didalam hidung saya sendiri. Apa itu termasuk sinusitis ya dok ? Terimakasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sinusitis merupakan infeksi pada rongga sinus. Sinus sendiri merupakan suatu rongga di dalam kepala kita yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tekanan dalam rongga kepala. Sinus terdiri dari sinus ethmoid, maksilaris, frontalis dan sphenoidalis. Gejala yang muncul akibat sinusitis berupa rasa nyeri pada wajah. Lokasi nyeri berbeda – beda tergantung letak sinus yang terinfeksi. Jika yang terkena adalah sinus frontal maka nyeri timbul di dahi, di atas alis. Jika terjadi pada maksilaris, maka rasa nyeri pada pipi. Sedangkan jika nyeri pada ethmoid dan sphenoid maka rasa nyeri muncul pada hidung bagian belakang atau belakang mata. Selain rasa nyeri pada wajah, bisa juga muncul keluhan pilek, hidung tersumbat, ingus yang berubah warna, peruabahan suara dan juga tercium bau busuk pada hidung jika memang ada infeksi bakteri di dalamnya.

    Namun ada juga penyakit lainnya yang memiliki gejala yang mirip yaitu polip hidung. Gejala yang muncul bisa beruapa hidung tersumbat, tercium aroma tak sedap dari dalam hidung, bisa terlihat adanya massa pada hidung, dan juga gangguan pada indra penciuman bahkan hingga indra perasa.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda memang harus dilakukan pemeriksaan fisik dan juga penunjang terlebih dahulu untuk memastikan apakah penyebabnya karena sinusitis atau malah sebab lainnya. Silakan kunjungi dokter THT di kota anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

Beranda Tanya Dokter Gejala Sinusitis atau Bukan Ya ?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.