• Dear Dokter,

    saya ingin menanyakan beberapa hal terkait dengan kondisi badan saya akan tetapi terlebih dahulu izinkan saya bercerita:

    saya wanita umur 23 tahun, aktif bekerja dengan berat dan tinggi badan 52/170. tanggal 29 agustus yang lalu saya habis melaksanakan bedah minor gigi bungsu akan tetapi, sebelum saya melakukan operasi tersebut, saya diharuskan mejalani rawat inap dikarenakan gusi yang akan dibedah mengalami abses hingga ke bawah dagu.

    akhirnya pada tanggal 26 agustus saya menjalani rawat inap di rumah sakit selama 3 hari. selama dirumah sakit saya diberikan obat melalui suntikan infus (langsung disuntikan ke ujung jarum infus tanpa melalui botol infus) adapun obat yang diberikan:

    Metronidazol 3x sehari, ibuprofen, dan cefadroxil. semua dosis 3x sehari. abses saya hilang pada hari senin 29 agustus sesuai dengan prediksi dokter bedah mulut. akan tetapi pasca operasi dan lepas dari jarum infus yang saya rasakan antara lain: konstipasi (saya terakhir BAB tanggal 26 aug baru BAB lagi tanggal 1 sept), selama pemberian ibuprofen dirumah memang saya merasakan mual ketika obat tersebut diberikan. sampai saat ini sudah seminggu pasca operasi saya masih merasakan badan rasanya seperti melayang, lemas, berkunang – kunang dan sakit perut dibagian bawah (seperti kram) dan buncit. pada bulan april, saya juga diopname perkara terkena tifus dan AB yang diberikan jenisnya sama (metronidazol) tapi saya tidak merasakan badan selemas ini dan selunglai ini. berdasarkan hasil tensipun dalam keadaan normal yyaitu 100/70.

    yang menjadi pertanyaan saya adalah: dari gejala2 yang saya rasakan apakah ini ada kaitannya dengan obat yang diberikan?

     

    mohon bantuanya ya dok. terimakasih :)

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Obat – obatan yang anda konsumsi seperti metronodazol dan cefadroxil merupakan obat antibiotik yang biasa diberikan untuk mengatasi kondisi dimana ada peran bakteri di dalamnya. Obat – obatan ini secara luas digunakan untuk infeksi di saluran napas, saluran cerna dan lainnya. Ibuprofren sendiri merupakan obat anti inflamasi yang digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan. Sama seperti obat lainnya, obat – obatan yang anda konsumsi ini selain memiliki efek terapi juga dapat memberikan efek samping bagi peminumnya.

    Berikut adalah beberapa efek samping yang sering dialami akibat konsumsi metronidazol yaitu mual, muntah, nafsu makan menurun, alergi, pusing dan lainnya. Pemberian cefadroxil memberikan efek samping berupa gangguan pencernaan seperti mual dan muntah, alergi dsb. Ibuprofen sendiri memiliki efek samping yaitu mual dan muntah, gangguan lambung, alergi dsb.

    Keluhan yang anda rasakan berupa mual, nyeri perut, dan kembung mungkin saja disebabkan karena gangguan perncernaan yang diakibatkan oleh obat – obat tersebut. Namun belum menutup kemungkinan adanya penyebab lain yang mendasari keluhan yang anda alami. Jika karena obat – obatan, maka salah satu cara menghindari keluhan tersebut adalah dengan mengkonsumsi obat satu hingga dua jam setelah makan. Silakan anda periksakan diri secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail baik pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna memastikan penyebab keluhan anda.

    Silakan baca link berikut yang terkait dengan pertanyaan anda:

    Metronidazol : Indikasi Obat, Dosis, Efek Samping

    Cefadroxil : Indikasi Obat, Dosis, Efek Samping

    Ibuprofen

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gejala yang Aneh Pasca Operasi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.