• halo dok,waktu bab saya tidak teratur bahkan kadang 4 hari sekali saya merasa khuatir karna menurutku itu tidak normal tapi kata orangtuaku ini karna saya sedang mengalami patah tulang dan pastinya gerakan saya sangat-sangat dibatasi,saya pikir mungkin saja itu penyebabnya,namun kekhawatiran itu masih ada,karna itu saya mau nanya apa ada aktivitas/gerakan yang dapat menjadi solusinya

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Frekuensi buang air besar normal yaitu antara tiga kali dalam sehari hingga tiga hari sekali atau seminggu 3 kali. Kesulitan untuk buang air besar sering kali dialami oleh beberapa individu antara lain karena kebiasaan menahan BAB terlalu lama sehingga membuat tinja makin lama dan mengeras di dalam kolon, asupan cairan yang kurang, sedikit mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, faktor usia tua, aktivitas fisik sedikit, faktor psikosomatis misalnya ketakutan untuk buang air besar karena takut nyeri, jahitan operasi lepas, atau sebab lainnya.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk memperlancar BAB yaitu dengan menjaga asupan makanan anda, perbanyak makan makanan mengandung serat, perbanyak konsumsi air putih, hindari kebiasaan menahan BAB, perbanyak olahraga. Tidak ada aktivitas khusus atau gerakan khusus yang perlu anda lakukan, cukup kurangi kecemasan yang berlebihan saat anda bergerak. Jika keluhan berlanjut silakan periksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosis keluhan yang anda alami dengan dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan. Setelah mendiagnosis kondisi Anda, dokter umumnya akan memberikan obat pencahar untuk melancarkan proses buang air besar. Setelahnya anda tetap perlu melakukan hal – hal di atas untuk menghindari berulangnya konstipasi.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Gerakan Agar Bab Teratur Saat Mengalami Patah Tulang

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.