• Selamat sore dok, saya perempuan umur 25th. Sudah 2 hari merasakan sakit di ulu hati setelah sebelumnya mengkonsumsi makanan pedas, tadi malam saya merasakan sakit dan panas di dada kiri, juga terasa seperti ditekan benda berat dan merasa detak jantung lemah. Lama kelamaan sesak dan tubuh saya mulai menggigil serta kesemutan di kaki, tangan dan muka sehingga saya sulit berjalan. Setelah dibawa ke rumah sakit dokter melakukan tes di jantung saya tapi hasilnya bagus, dokter mendiagnosis asam lambung saya tinggi. Tapi saya masih tidak yakin dok, dikarenakan  sakit dada kiri saya jg menjalar ke tangan kiri dan leher.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gastroesofageal reflux disease atau biasa disebut GERD memang memiliki keluhan yang hampir mirip dengan serangan jantung akibat penyakit jantung koroner (PJK). GERD memiliki keluhan berupa rasa nyeri  di ulu hati, atau rasa panas di bagian dada yang bisa menjalar ke leher. Keluhan lain yang bisa muncul berupa rasa mual dan muntah serta sering sendawa. GERD bisa terjadi pada pasien yang memiliki riwayat penyakit maag yang sudah lama dan sering kambuh. Keluhan GERD dicetuskan karena faktor telat makan, makan makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, mengandung lemak yang banyak, dan lain sebagainya.

    Penyakit jantung koroner sendiri memiliki keluhan yang hampir mirip berupa rasa nyeri di ulu hati atau dada kiri yang bisa menjalar ke lengan kiri, punggung, leher, hingga rahang. Keluhan nyeri bisa berupa rasa panas, dada tertekan atau terhimpit beban berat. Selain itu pasien juga bisa merasakan keringat dingin, mual hingga muntah. Untuk memastikan keluhan yang anda alami karena penyakit jantung atau bukan maka memang dilakukan EKG. Untuk hasil yang lebih baik, bisa dilakukan pemeriksaan EKG saat pasien melakukan treadmill. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi adanya gelombang khusus yang terekam saat pasien terkena serangan saat kerja berat (melakukan treadmill). Jika anda masih kurang yakin dengan pemeriksaan EKG sebelumnya, maka bisa dilakukan rekam jantung (EKG) saat treadmill. Alangkah lebih baiknya jika anda konsultasi langsung dengan dokter yang memeriksa anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sakit Dada Sebelah Kiri, GERD atau Jantung?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.