• siang dok, gigi saya berlubang, sakit kalau buat makan, pengin dicabut tetapi takut kena syaraf, bagaimana solusinya? trimakasih

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gigi berlubang dalam istilah kedokteran disebut sebagai karies dentis. Penyebab keluhan ini karena kebiasaan makan makanan manis namun tidak diimbangi dengan menjaga kebersihan gigi dengan baik. Karies dentis memiliki beberapa klasifikasi berdasarkan kedalamannya. Tingkat kerusakan mulai dari lapisan terluar gigi hingga lapisan terdalam gigi yang mengenai pembuluh darah dan saraf dalam gigi. Pengobatan karies dentis berbeda tergantung tingkat kedalaman dan keparahan dari gigi yang rusak.

    Gigi yang berlubang bisa menimbulkan keluhan nyeri ataupun tanpa rasa nyeri. Jika gigi terasa nyeri, maka dokter gigi akan memberikan obat seperti antibiotik dan obat penghilang nyeri untuk menghilangkan bakteri penyebab dan mengurangi keluhan nyeri. Setelah rasa nyeri hilang, maka perlu dilakukan tindakan lanjutan berupa penambalan gigi yang dilakukan jika gigi masih vital (pembuluh darah dan saraf yang memberi nutrisi pada gigi masih berfungsi dengan baik), kerusakan gigi tidak terlalu parah dan luas. Namun jika gigi sudah tidak sehat, saraf dan pembuluh darah sudah rusak maka sebaiknya dilakukan tindakan pencabutan (ekstraksi) gigi.

    Sebaiknya anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter gigi agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail. Pengobatan akan ditentukan berdasarkan hasil pemeriksaan yang diperoleh.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Gigi Berlubang Haruskah Dicabut?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.