• gigi bungsu bagian bawah kanan impaksi dan sudah berlubang menyebabkan sakit dan bengkak pada gusi, langkah untuk mengobati bagaimana??

    dan kalau memang harus dicabut melalui pembedahan biayanya kira2 berapa?? soalanya ada teman bilang biaya operasi kecil pembedahan skitar 3 juta rupiah

    terima kasih sebelumnya

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Gigi impaksi adalah suatu kondisi dimana gigi yang tumbuh terhalang pertumbuhannya sehingga  gigi tidak dapat tumbuh secara normal atau tidak bisa keluar seutuhnya. Ada bagian – bagian yang masih terbenam dalam gusi. Gigi geraham bungsu merupakan gigi yang paling sering mengalami impaksi karena tidak mendapat ruang untuk tumbuh. Selain masalah impaksi, gigi geraham bungsu juga beresiko tinggi untuk mengalami masalah lainnya berupa gigi berlubang. Hal ini terjadi karena gigi jarang dibersihkan dengan baik karena tempatnya yang tersembunyi di belakang. Masalah – masalah ini tentu menyebabkan keluhan nyeri, gusi bisa menjadi bengkak dan terinfeksi sehingga menimbulkan rasa nyeri dan mengganggu pengunyahan.

    Untuk menangani masalah ini biasanya dokter  gigi terutama dokter gigi spesialis bedah mulut akan  melakukan tindakan ekstraksi atau pencabutan gigi dengan teknik pembedahan yang biasa di sebut dengan odontektomi. Sebelum dilakukan odontektomi, akan dilakukan tindakan pembiusan (anastesi) baik dengan anastesi lokal ataupun dengan anastesi umum yang dilakukan di ruang operasi. Untuk memastikan tindakan yang akan dilakukan untuk anda perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter gigi untuk menilai sejauh apa kerusakannya.

    Mengenai biaya operasi sendiri berbeda – beda tergantung klinik atau rumah sakit tempat anda melakukan tindakan. Silakan konsultasi langsung dengan dokter gigi di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Gigi Bungsu Impaksi dan Berlubang dan Sering Bengkak Meyakitkan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.