• Untuk dokter ortho nih maaf mau tanya,  gigi geraham saya pecah akibat gigi bolong yang tidak ditambal..  pecahnya 1/4 gigi  dibagian luar,  apa masih bisa ditambal?  kalau dibungkus itu bagaimana ya?  mohon sarannya

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kejadian gigi patah bisa dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini bisa terjadi pada gigi bagian depan misalnya akibat trauma atau benturan keras yang terjadi serta bisa juga terjadi pada gigi geraham misalnya karena gigi yang rapuh akibat telah berlubang sebelumnya. Gigi yang patah perlu penanganan yang tepat. Penanganan yang dilakukan dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu antara lain lokasi patahan yang terjadi di bagian gigi yang mana, seberapa besar tingkat kepatahan yang terjadi pada gigi tersebut, serta kondisi jaringan saraf dan rongga saraf gigi. Penanganan yang dilakukan pada gigi bertujuan untuk menghilangkan keluhan yang dialami oleh pasien (menghilangkan nyeri yang mengganggu), memperbaiki tampilan gigi, memperbaiki gigi supaya dapat berfungsi seperti sedia kala, serta mengusahakan agar gigi tidak perlu dicabut.

    Untuk memastikan penanganan yang paling tepat untuk kondisi gigi anda yang berlubang dan pecah perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter gigi dan perlu pemeriksaan penunjang misalnya dengan rontgen gigi. Setelah dilakukan pemeriksaan baru bisa diketahui tatalaksana yang akan dilakukan misalnya saja dilakukan perawatan saraf dan pemasangan mahkota gig tiruan atau jika tidak bisa dipertahankan maka akan dilakukan tindakan ekstraksi gigi (pencabutan gigi).

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gigi Patah, Apa Solusinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.