• dok. gini aku udah brobat kmna2 tapi penyakit panu ini tidak mau sembuh total, sebentar sembuhnya timbul lagi panunya dok, gimana solusinya dok?

    Selamat Siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Panu atau dalam istilah kedokteran disebut juga dengan Pytiriasis versicolor merupakan infeksi akibat jamur yang sering timbul dan berulang pada individu tertentu. Umumnya panu merupakan penyakit yang tidak berbahaya namun memang sangat mengganggu dan menimbulkan masalah kosmetik. Ada beberapa faktor resiko yang sering mencetuskan dan menimbulkan panu sering berulang yaitu antara lain cuaca yang panas dan lembab, keringat berlebih, kulit yang berminyak, sistem imun yang lemah hingga perubahan hormonal yang terjadi.

    Pencegahan agar kondisi ini tidak berulang cukup sulit apalagi pada individu yang tinggal di daerah beriklim tropis dengan tingkat kelembaban tinggi. Jika anda didiagnosis mengalami Tinea versikolor / Pytiriasis versicolor dan telah diobati hingga tuntas, perlu dilakukan beberapa langkah upaya untuk mencegah agar panu tidak berulang, yaitu antara lain sebagai berikut :

    1. Hindari panas berlebih, misal dengan menggunakan topi lebar, payung dan lain sebagainya. Daerah dengan suhu udara sejuk dan dingin lebih baik untuk kondisi anda. Bisa menggunakan kipas angin, AC dan sebagainya untuk pendingin udara.
    2. Hindari paparan sinar matahari.
    3. Hindari keringat berlebih. Jangan menggunakan pakaian berlapis – lapis di daerah panas. Gunakan pakaian menyerap keringat. Ganti pakaian yang lembab lebih sering. Keringkan badan yang berkeringat.
    4. Gunakan obat – obatan topikal untuk mengatasi panu misal seleneium sulfida, ketokonazol dan lain sebagainya. Obat – obatan ini bisa digunakan berulang sepanjang tahum untuk mencegah kekambuhan.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Solusi Panu Diobatin Sembuh Tapi Sembentar Muncul Lagi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.