• Gimana cara mengobati bekas luka yg dalam? Dan apa obatnya?

     

    Selamat malam,

    Luka yang dalam memang berpotensi menimbulkan bekas yang begitu kelihatan ketika luka itu sembuh, bekas luka bisa berupa jaringan parut yang menonjol, atau mungkin berupa lubang pada bekas luka tersebut.

    Kedua kondisi diatas akan berbeda penanganannya, untuk bekas luka yang menonjol maka dilakukan pengikisan dengan menggunakan alat-alat kedokteran yang modern seperti menggunakan sinar laser atau mikrodermabrasi (kulit seperti diamplas).  Sedangkan pada bekas luka yang bentuknya lubang maka akan dilakukan prosedur filling atau mengisi jaringan yang hilang tersebut dengan merangsang pertumbuhan kolagen, semacam protein untuk pertumbuhan jaringan.

    Adapun upaya-upaya agar bekas luka tidak begitu membekas. Maka kita upayakan agar luka cepat sembuh dengan baik. Caranya dengan mencegah infeksi yaitu menjaga kebersihan luka dan meminum setiap obat antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

    Di samping itu konsumsilah banyak buah-buahan dan sayuran yang sangat bagus dalam meregenerasi sel-sel kulit yang rusak atau yang mati.

    Sekian, semoga bermanfaat.

Beranda Tanya Dokter Gmn Cara dan Obt Mengatasi Bekas Luka yg Dalam?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.